Share

Cara Bikin Minyak Goreng Sendiri di Rumah, Cukup Pakai Kelapa

Pradita Ananda, Okezone · Rabu 16 Maret 2022 13:33 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 16 612 2562532 cara-bikin-minyak-goreng-sendiri-di-rumah-cukup-pakai-kelapa-IdRGpfYypT.jpg Membuat Minyak Goreng. (Foto: TikTok/@dapurdarurat)

KELANGKAAN minyak goreng memang membuat banyak ibu rumah tangga khawatir. Selain itu, harganya minyak goreng pun sudah melambung tinggi lantaran kelangkaan tersebut.

Nah, jika di rumah Anda stok minyak goreng sudah menipis tapi di toko sekitar tidak menjual minyak goreng, kenapa tak mencoba saja membuat minyak goreng sendiri di rumah, yakni dengan membuat minyak kelapa alami?

Mewarta video akun TikTok @dapurdarurat yang sudah memperoleh 1 juta kali penayangan tersebut, Rabu (16/3/2022) berikut ulasan cara membuat minyak kelapa sendiri di rumah. Selamat mencoba!

1. Siapkan satu wadah bersih berisi parutan kelapa yang dihasilkan dari lima butir kelapa. Tuang 5 liter air bersih dan matang ke dalam parutan kelapa tersebut.

2. Peras dengan kuat agar menghasilkan banyak santan.

Minyak Kelapa

3. Pindahkan air santan hasil perasan tadi ke wadah bening atau transparan, Diamkan di suhu ruang selama kurang lebih satu jam agar membentuk dua lapisan terpisah. Lapisan santan berwarna putih bersih di bagian atas dan lapisan yang lebih clear transparan di bagian bawah.

4. Tutup wadah container dengan rapat, masukkan ke dalam lemari pendingin. Simpan di dalam kulkas hingga bagian lapisan atasnya mengeras.

5. Setelah lapisan atasnya mengeras membeku, ambil bongkahan bagian atas yang beku tersebut, masukkan ke dalam wajan.

6. Nyalakan kompor dan masak dengan api kecil. Aduk terus agar bagian bawahnya tidak berkerak dan gosong.

7. Jika sudah mulai mencair menjadi minyak, matikan api jika ampasnya sudah berwarna coklat keemasan. Saring untuk memisahkan minyak dengan ampas (galendo atau blondonya).

8. Masukkan minyka kelapa yang sudah disaring bersih tadi dalam wadah botol minyak. 5 butir kelapa ini, kurang lebih menghasilkan 400ml minyak kelapa murni.

Baca Juga: Masyarakat Depok Terbantu BLT BBM

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini