Share

Trik Menghemat Minyak Goreng saat Memasak, Ini 5 Tipsnya

Pradita Ananda, Okezone · Kamis 17 Maret 2022 13:32 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 17 298 2563180 trik-menghemat-minyak-goreng-saat-memasak-ini-5-tipsnya-SXmvbMA4c1.jpg Ilustrasi Masak. (Foto: Shutterstock)

PEMERINTAH telah mengatur ulang harga minyak goreng agar tidak langka di pasaran. Tapi, dengan pengaturan tersebut, harga minyak goreng pun mengalami lonjakan yang cukup tinggi.

Ini artinya stok minyak goreng di rumah harus mulai dihemat pemakaiannya agar tidak cepat habis. Lalu seperti apa cara menghemat pemakaian minyak goreng saat memasak?

Ingin hanya sedikit memakai minyak goreng saat memasak tapi bingung bagaimana caranya? Melansir Popsugar, berikut tips memask hanya memakai sedikit minyak goreng.

Ikut resep

Jika memasak dengan panduan resep, maka patuhilah kuantitas yang ada pada resep. Hindari menghitung takaran minyak dengan feeling atau pandangan mata, karena hal ini biasanya membuat kita tak sadar sudah berapa sendok takaran minyak goreng yang digunakan.

Pakai wajan antilengket

Membakar daging dan menumis sayuran lebih mudah dilakukan tanpa menggunakan terlalu banyak minyak jika memasak dengan wajan antilengket yang bagus. Pastikan saat memasak, pan tidak dipanaskan lebih tinggi dari 500 derajat Fahrenheit (biarkan pada api rendah hingga sedang-tinggi) untuk mencegah pelepasan asap beracun dari lapisan antilengket.

Baca Juga: Masyarakat Depok Terbantu BLT BBM

Semprot

Alih-alih menuang langsung, Anda bisa mencoba memasukkan minyak goreng ke dalam wadah botol spray. Sehingga saat memasak, minyak goreng masuk ke dalam pan atau penggorengan lebih terukur dan lebih sedikit dibandingkat dituang sekaligus bersamaan seperti biasa.

Kukus atau rebus

Memasak tumisan sayur bisa diakali dengan cara merebus atau mengukus potongan sayuran tersebut dahulu. Beberapa TIPE sayuran, seperti brokoli, wortel, dan sayuran keras lainnya, membutuhkan waktu lebih lama untuk dimasak di wajan.

Dengan direbus terlebih dahulu sebelum ditumis, sayuran akan lebih ceat matang walau hanya dengan sedikit atau bahkan tanpa minyak.

Pakai sedikit air

Tipe sayuran berpori seperti terong, biasanya akan basah kuyup layu terendam cairan saat dimasak di wajan. Daripada terus menuangkan minyak goreng untuk mengimbanginya, gunakan sedikit minyak dan tambahkan air. Tambahkan bumbu seperlunya jika merasa rasa masakan terlalu hambar.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini