Share

Plus Minus Gantikan Minyak Goreng dengan Air Fryer, Benarkah Lebih Sehat?

Pradita Ananda, Okezone · Jum'at 18 Maret 2022 10:32 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 17 612 2563553 plus-minus-gantikan-minyak-goreng-dengan-air-fryer-benarkah-lebih-sehat-hjhSd44KTk.jpg Ilustrasi Memasak. (Foto: Shutterstock)

MAHALNYA harga minyak goreng membuat banyak orang berpikir untuk mengganti minyak dengan air fryer. Pasalnya, menggoreng makanan dengan air fryer jauh lebih sehat daripada menggoreng konvensional memakai minyak goreng.

Tapi apakah menggoreng dengan air fryer benar-benar tanpa dampak negatif? Sebetulnya apa manfaat dan resiko bagi kesehatan jika menggoreng makanan memakai air fryer dibandingkan menggoreng konvensional memakai minyak goreng?

Mewarta Medicalnewstoday yang sudah ditinjau secara medis oleh ahli diet klinis bersertifikat, Katherine Marengo LDN, R.D, berikut ulasan plus minus menggoreng dengan menggunakan air fryer.

Masak

Kekurangan:

Tidak jaminan lebih sehat:

Jika dibandingkan dengan metode memasak yang lain, menggoreng memakai air fryer dirancang memang untuk menciptakan cara yang lebih sehat untuk menggoreng makanan. Tapi bukan untuk menggantikan metode memasak tradisional yang lebih sehat seperti dipanggang.

Sebagai contoh, 100 gram dada ayam goreng mengandung 13,2 gram lemak yang mana jauh lebih tinggi dibandingkan 0,39 gram dada ayam yang dipanggang dalam oven. Menggoreng dengan air fryer disebutkan tidak menjamin bahwa ayam goreng jadi lebih sehat daripada ayam panggang, bakar, slow cooked atau ayam yang direbus.

Maillard effect

Walau tanpa minyak goreng, bahan makanan yang dimasukkan ke dalam air fryer bisa tetap jadi gorengan yang renyah. Sama persis jika digoreng tradisional memakai minyak goreng, hal ini dicapai air fryer dengan menghilangkan minyak tinggi lemak dan berkalori tinggi dalam proses memasaknya.

Para peneliti menyatakan air fryer menggunakan udara panas yang mengandung tetesan minyak halus untuk menghilangkan kelembapan dari makanan. Tapi, menggoreng memakai air fryer tetap memicu reaksi kimia, Maillard Effect yang meningkatkan warna dan rasa makanan yang digoreng atau sering disebut sebagai reaksi pencoklatan nonenzimatik.

Ketika makanan diproses atau dimasak pada suhu tinggi, reaksi kimia terjadi antara asam amino dan gula pereduksi yang menghasilkan rasa dan warna coklat yang berbeda.

Keuntungan:

Menurunkan berat badan

Jika digunakan dengan benar, air fryer menawarkan manfaat yang menyehatkan. Salah satunya membantu penurunan berat badan, karena dengan beralih dari makanan yang digoreng memakai minyak goreng biasa ke gorengan ala air fryer setidaknya bisa membantu mengurangi asupan minyak yang tidak sehat dan tinggi lemak serta kalori secara teratur.

Lebih aman dibanding deep fry

Menggoreng dengan air fryer jadi pilihan lebih aman dibanding menggoreng memakai metode deep-fry. Makanan yang diolah dengan cara deep fry artinya diolah memakai wadah besar berisi penuh dminyak panas. Hal ini bisa mengurangi resiko kecelakaan saat memasak, seperti ketumpahan, kecipratan atau tak sengaja menyentuh minyak panas.

Mengurangi risiko akrilamida beracun

Menggoreng makanan konvensional pakai minyak goreng seperti biasanya, diketahui bisa menyebabkan senyawa berbahaya contohnya akrilamida jadi terbentuk. Senyawa ini terbentuk dalam makanan tertentu selama metode memasak panas tinggi, seperti menggoreng.

Menurut Agency for Research on Cancer, senyawa akrilamida berhubungan dengan pemicu beberapa jenis kanker, mulai dari kanker endometrium, ovarium, pankreas, payudara, dan esofagus. Memasak dengan air fryer, kita memang bisa menurunkan risiko memiliki akrilamida dalam makanan tersebut.

Turunkan risiko penyakit

Memasak dengan minyak dan mengonsumsi gorengan yang dimasak konvensional (digoreng dengan minyak yang banyak) secara teratur disebut ada kaitannya dengan risiko penyakit. Mengganti cara memasak yang memakai banyak minyak goreng ddengan metode memasak lain, seperti air fryer bisa membantu menurunkan risiko seseorang mengalami komplikasi penyakit.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini