Share

Mencicipi Kuliner Unik Nasi Goreng Rawon, Gimana Rasanya?

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Jum'at 18 Maret 2022 12:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 18 298 2563676 mencicipi-kuliner-unik-nasi-goreng-rawon-gimana-rasanya-TKIEHGAiw7.jpg Nasi Goreng Rawon (Foto: @guraw.id/Instagram)

NASI goreng kita tahu merupakan kuliner yang berbahan utama nasi digoreng diaduk di penggorenan. Sementara, rawon adalah makanan khas Surabaya yang berbahan utama daging dan juga berkuah.

Tapi, apa jadinya kalau kedua masakan ini dipadukan menjadi satu? Di tangan juru masak di kawasan Surabaya Selatan, kedua masakan yang berbeda itu disatukan menjadi nasi goreng rawon.

Nasi Goreng Rawon

Awalnya siapkan bahan-bahan berupa nasi putih dan bumbu rawon, seperti bawang merah, bawang putih, kluwek, telur, serta rempah lainnya. Setelah komplit, masukan bawang putih yang telah digeprek ke wajan panas disusul telur kocok.

Selanjutnya masukan nasi putih dan bumbu rawon, aduk hingga merata. Jangan lupa, tambahkan kecap, cabai merah, daun bawang dan garam, lalu aduk kembali hingga matang.

Nasi Goreng Rawon

"Nasi goreng yang kita tawarkan adalah, bumbu rawonnya terasa. Tidak lupa dengan flavour nasi goreng yang memang benar-benar bersentuhkan denga wajan panas. Jadi rasa nasi gorengnya juga ada," jelas Santo sang juru masak nasi goreng rawon, dikutip dari tayangan YouTube Buletin iNews.

BACA JUGA : 5 Kuliner Rawon di Jakarta Paling Enak, Nendang Rasanya!

BACA JUGA : 15 Nasi Goreng Enak di Yogyakarta Paling Hits, Dijamin Ketagihan!

Penikmat kuliner juga dibuat terkejut dengan cita rasa nasi goreng rawon. Rasa dan bentuk dari kuliner ini bahkan di luar ekspektasi.

"Ekspektasinya kalau rawon itu kan kuah, gurih sapi banget. Nah ini tuh dicampur pakai nasi ditambah bawang-bawangan, sedap banget," ujar Althea, penikmat kuliner usai mencicipi nasi goreng rawon.

Untuk satu porsi nasi goreng rawon ini dibanderol dengan harga Rp45 ribu. Namun, ada bisa juga membuatnya sendiri di rumah. Karena, proses memasaknya sama seperti bikin nasi goreng pada umumnya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini