Share

10 Tips Mencegah Dehidrasi saat Puasa Ramadan, Biar Gak Gampang Lemas!

Wilda Fajriah, Jurnalis · Jum'at 18 Maret 2022 19:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 18 481 2563983 10-tips-mencegah-dehidrasi-saat-puasa-ramadan-biar-gak-gampang-lemas-ydxP874OYL.jpg 10 Tips Mencegah Dehidrasi saat Puasa Ramadan (Foto: Distractify)

10 TIPS mencegah dehidrasi saat puasa Ramadan penting diketahui. Karena, dehidrasi salah satu masalah yang dihadapi umat Muslim ketika menjalani ibadah puasa Ramadan

Rasa haus adalah tanda dehidrasi. Apakah informasi ini mengejutkan atau tidak, sebenarnya, jika Anda merasa haus, Anda sudah mengalami dehidrasi. Tetapi, selama hari-hari puasa Ramadan yang panjang, minum air putih bukanlah pilihan.

Mengingat bahwa cara terbaik untuk menghindari dehidrasi adalah dengan minum cukup cairan, rahasia ini tidak akan menggantikan kebutuhan Anda untuk minum air. Karenanya, Anda harus mencegah dehidrasi selama puasa Ramadan.

Melansir laman Form Nature Health pada Jumat (18/3/2022), berikut adalah 10 tips mencegah dehidrasi saat puasa Ramadan.

1. Tetap Minum Air Putih 8 Gelas Sehari

10 Tips Mencegah Dehidrasi saat Puasa Ramadan

(10 Tips Mencegah Dehidrasi saat Puasa Ramadan, Foto: Healthline)

Berdasarkan penelitian, manusia disarankan untuk minum air putih sebanyak 2,5 liter per hari atau setara dengan 8 gelas air mineral per hari. Hal ini tentu berpengaruh saat berpuasa karena kita tidak bisa minum air putih di siang hari.

Untuk menghindari dehidrasi saat berpuasa, Anda bisa menerapkan aturan 2-4-2 saat berpuasa, yaitu 2 gelas saat sahur, 4 gelas saat berbuka, dan 2 gelas sebelum tidur atau menjelang sahur.

BACA JUGA : Apa Penyebab Pusing saat Puasa? Ternyata Bukan karena Lapar Lho

2. Perbanyak minum susu dan air kelapa

Selain air putih, susu dan air kelapa juga bisa menjadi cara menghindari dehidrasi saat berpuasa. Menurut sebuah penelitian, susu lebih baik untuk menghindari dehidrasi karena kaya akan protein, karbohidrat, kalsium dan elektrolit. Sementara air kelapa muda mengandung elektrolit isotonik dan alami yang dapat mengatasi dehidrasi saat berpuasa.

BACA JUGA : 5 Makanan yang Baik Dikonsumsi Saat Sahur, Bikin Kenyang Lebih Lama!

3. Jangan Terlalu Banyak Tidur

Mungkin banyak orang yang beranggapan bahwa tidur saat berpuasa adalah ibadah. Namun ternyata saat tidur, cairan tersebut juga akan tetap dikeluarkan oleh tubuh. Ini termasuk kehilangan air yang tidak terasa atau kehilangan cairan tanpa terasa. Jadi, jika Anda tidur terlalu banyak, lebih banyak cairan yang hilang. Untuk menghindari dehidrasi, jangan tidur terlalu banyak saat berpuasa.

4. Konsumsi berbagai buah dan sayuran

Cairan tidak hanya didapat dari minuman, tapi juga bisa dari makanan. Oleh karena itu, pilihlah makanan yang mengandung cukup air agar Anda bisa kenyang sekaligus memenuhi kebutuhan cairan tubuh Anda. Seperti makan buah dan sayur segar. Jadi, perbanyak sayur dan buah pada menu makan dan berbuka puasa agar terhindar dari dehidrasi saat berpuasa.

5. Hindari Aktivitas Luar Ruangan

Pada hari biasa, sebanyak 1.000-4.500 mililiter cairan hilang dari tubuh Anda. Hal ini tentu menjadi masalah saat kita berpuasa karena kita tidak bisa mengganti cairan yang hilang akibat mengkonsumsi makanan atau minuman. Untuk bisa menghindari dehidrasi, Anda bisa menghindari aktivitas di luar ruangan karena terik matahari bisa membuat kita berkeringat sehingga memicu dehidrasi.

6. Perhatikan obat yang dikonsumsi

Bagi sebagian orang, obat-obatan dan vitamin serta suplemen gizi sangat penting dikonsumsi saat berpuasa agar tubuh tetap fit. Namun, pastikan obat yang dikonsumsi tidak memberikan efek samping. Hindari obat-obatan yang memiliki efek seperti buang air besar terus-menerus, dehidrasi dan juga kekurangan cairan. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, sebaiknya diskusikan hal ini dengan dokter Anda.

7. Jangan Terlalu Banyak Makan Makanan Asin Saat Sahur

Baru beberapa jam puasa sudah merasa haus? Ini bisa menjadi menu alasan Anda. Ya, makanan asin bisa membuat Anda haus bahkan sampai kekurangan cairan. Karena garam sangat berpengaruh dalam mengatur cairan dalam tubuh. Terlalu banyak garam masuk ke dalam tubuh, yang hanya mengacaukan pengaturan dan akhirnya membuat Anda cepat haus. Seimbangkan dengan buah dan sayur agar kandungan mineral yang dibutuhkan tubuh seimbang.

8. Kurangi Minum Kopi dan Teh

10 Tips Mencegah Dehidrasi saat Puasa Ramadan

(10 Tips Mencegah Dehidrasi saat Puasa Ramadan, Foto: Healthline)

Jika Anda pecinta teh dan kopi, sebaiknya kurangi konsumsi minuman ini secara berlebihan. Karena bisa mempercepat dehidrasi. Selain itu, kafein dalam teh dan kopi bisa membuat Anda sulit tidur yang tentunya akan berdampak pada tubuh di siang hari.

9. Hindari olahraga berat

Bagi Anda yang menyukai olahraga, tidak perlu melakukan olahraga berat seperti latihan kardio. Olahraga yang cukup ringan seperti jogging atau jalan kaki saja di pagi hari. Dengan berolahraga secara teratur, tubuh Anda sebenarnya akan lebih kuat untuk melakukan aktivitas sepanjang hari.

Namun sebaliknya, jika dilakukan secara berlebihan justru akan menjadi bumerang bagi Anda. Jika ingin melakukan olahraga berat, lakukan pada jam sebelum berbuka puasa. Jadi menunggu jam buka terasa lebih cepat.

10. Makan Buah Yang Banyak Mengandung Air

Nikmati buah-buahan segar yang banyak mengandung air, seperti melon, semangka, jeruk manis dan lain sebagainya. Selain enak dan memenuhi kebutuhan air, buah-buahan ini bisa memberikan nutrisi untuk menjaga stamina Anda selama berpuasa.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini