Share

Jangan Ngaku Barista Profesional Jika Tak Punya 5 Skill Ini

Martin Bagya Kertiyasa, Jurnalis · Sabtu 19 Maret 2022 12:05 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 19 298 2564260 jangan-ngaku-barista-profesional-jika-tak-punya-5-skill-ini-6syh6kZr59.jpg Kedai kopi. (Foto: Instagram)

RACIKAN segelas kopi yang mantap tergantung dari baristanya. Kalau Anda ingin jadi barista, coba deh cari tahu dulu apa saja yang harus dilakukan.

Menurut survey HonestDocs pada tahun 2019, 39% orang Indonesia rata-rata hobi menikmati kopi setiap hari. Responden perempuan rata-rata menghabiskan satu gelas kopi setiap hari (64,4%), sementara sebagian besar responden pria mampu menghabiskan 2-3 gelas kopi per hari (21%).

Seiring dengan meningkatkan kebiasaan minum kopi dan menjamurnya coffee shop, pekerjaan barista sangat dilirik. Barista punya peran yang penting untuk menentukan tingkat kenikmatan kopi yang disajikan.

Karena itu, pemilik kedai kopi dan kafe di Indonesia pun berlomba-lomba menyeleksi barista terbaik. Malahan kini banyak pelatihan atau kursus untuk barista profesional dan masum dalam program Kartu Prakerja loh.

Berikut ini lima skill yang perlu dimiliki seorang barista profesional dikutip dari ZenPro.

 

Teknik pembuatan kopi

barista

Trainer kursus di ZenPro Doddy Pancawinata mengatakan, teknik pembuatan kopi adalah keahlian inti yang harus dimiliki seorang barista profesional, yang mencakup langkah-langkah seperti grinding, burring, dosing, tamping.

"Barista juga perlu memahami seluk-beluk mesin pembuatan kopi espresso, agar bisa menyajikan secangkir kopi paripurna bagi pembeli," ucapnya.

Namun, karena di Indonesia minuman kopi juga sering diolah menjadi cappuccino, latte, hingga macchiato, maka barista juga dituntut untuk menguasai milk technique agar bisa menghasilkan rasa optimal dan penampilan minuman yang lebih menarik.

Komunikasi dan layanan pelanggan

Barista termasuk ke dalam profesi yang menjual jasa. Seperti profesi jasa lainnya, sangatlah penting bagi barista untuk memiliki kemampuan komunikasi dan pelayanan yang baik ketika menghadapi pelanggan.

Seringkali kebanyakan orang hanya berfokus pada kemampuan teknis pembuatan kopi. padahal, ketika seorang barista bersikap ramah, terbuka, dan memberikan layanan terbaik setiap saat, para pelanggan akan lebih senang berkunjung ke kedai kopi tersebut.

Bahasa Inggris

Para barista modern di Indonesia juga perlu mempelajari Bahasa Inggris dasar. Dengan kemampuan bahasa asing, mereka bisa menjangkau pelanggan yang lebih luas, dan bisa mengakses informasi dengan lebih mudah.

Manajemen kebersihan mesin kopi dan tempat kerja

Untuk bisa menjadi individu yang siap-kerja, barista profesional wajib mengetahui cara menjaga kebersihan mesin kopi dan tempat kerja. Menurutnya, ketika mesin kopi dan wilayah tempat brewing tidak rutin dibersihkan, rasa dan kualitas kopi bisa ikut terpengaruh.

"Kebersihan juga tidak hanya sekadar lap atau mencuci, namun ada teknik sterilisasi khusus yang perlu diketahui. Oleh karena itu, dalam pelatihan barista, biasanya terdapat materi standar kebersihan sebagai barista, teknik membersihkan grinder, hingga perawatan harian mesin espresso," tambahnya.

Pengetahuan tentang sejarah dan spesies kopi

Indonesia termasuk salah satu negara penghasil bijih kopi terbesar di dunia. Beberapa varian biji kopi Indonesia telah terkenal sampai ke mancanegara, seperti kopi luwak dan kopi Toraja.

"Sebagai barista, penting untuk mengetahui sejarah dasar dan jenis-jenis biji kopi yang umumnya diolah secara komersial."

"Memahami pula bagaimana biji kopi tumbuh di iklim yang berbeda, proses logistik, serta pengelolaannya menjadi langkah pertama seorang barista menyajikan kopi berkualitas yang cocok dengan selera pelanggan," ujarnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini