Share

Tips Beli Air dalam Kemasan, Hindari yang Hangat

Tim Okezone, Jurnalis · Sabtu 19 Maret 2022 09:07 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 19 298 2564262 tips-beli-air-dalam-kemasan-hindari-yang-hangat-MxblFIiXDF.jpg Air mineral. (Foto: Independent)

TANPA disadari air minum dalam kemasan (AMDK) gelas, botol maupun galon terpapar sinar matahari. Anda perlu waspada karena ini bisa mengganggu kesehatan.

Diketahui, kemasan AMDK masih banyak yang mengandung BPA, utamanya pada kemasan yang bukan dari plastik PET. Risikonya bisa meningkatkan kanker yang berbahaya dalam jangka panjang.

Dipaparkan Annis Safira Nur Aulia dari YLKI, dari surveinya, mayoritas penjual merasa penting untuk menyimpan terhindar dari sinar matahari, namun nyatanya masih ada 45% yang berisiko dan 14% terpapar matahari langsung.

"Begitu juga dengan penataannya, mayoritas penjual juga merasa penting untuk menjual galon kondisi baik, namun masih ada 36% toko dengan kondisi tidak tersimpan rapi," paparnya dalam keterangan Monitoring dan Pengawasan, Pemasaran Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) di Jabodetabek.

 air mineral

Diakui Ketua YLKI Tulus Abadi, masyarakat tak lepas dari kebiasaan minum air, maka mengonsumsi AMDK menjadi rutinitas. Tapi kualitas AMDK ini tanpa disadari bisa membahayakan kesehatan.

"Sering sekali beli amdk yang dijual terpapar sinar mahari langsung dan airnya sudah hangat ketika kita minum. Ini yang telah lebur dalam air tersebut dan masuk ke dalam tubuh," ujar Tulus.

Dia menambahkan, "Kita gak tahu apakah di pinggir jalan di warung-warung itu dijemur berjam-jam berhari, atau di mobil mobil parkir di tempat panas itu amdk yang kita bawa terpapar panas."

 tulus

Dia mengingatkan agar masyarakat mengetahui petunjuk penyimpanan amdk. Anda perlu proaktif baca label dan edukasi satu sama lain kepada orang yang belum tahu.

"Cek kemasan penyok atau tidak ada tanggal kedaluwasa, kalo menyangkut kandungan di dalamnya kasat mata gak kelihatan, konsumen gak bisa apa-apa, galonnya terpapar sinar matahari dan masyarakat gak jeli," imbuh dia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini