Share

Jelang Bulan Ramadan, Penderita GERD yang Ingin Puasa Perlu Konsultasi ke Dokter

Tim Okezone, Jurnalis · Sabtu 19 Maret 2022 20:40 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 19 481 2564467 jelang-bulan-ramadan-penderita-gerd-yang-ingin-puasa-perlu-konsultasi-ke-dokter-z903Am5WuR.jpg Ilustrasi Puasa. (Foto: Freepik)

DALAM beberapa minggu ke depan, umat muslim akan memasuki bulan Ramadan. Seiring bulan Ramdan tersebut, umat Muslim pun akan menjalani ibadah puasa.

Meski demikian, tidak semua orang bisa menjalani ibadah puasa tersebut, apalagi bagi mereka yang memiliki GERD. Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) Profesor Dr dr Ari Fahrial Syam SpPD-KGEH mengatakan bahwa penderita GERD wajib berkonsultasi kepada dokter sebelum melakukan ibadah puasa.

Dokter spesialis penyakit dalam konsultan gastroenterologi hepatologi ini menyebutkan bahwa GERD berhubungan erat dengan lambung. Oleh karena, penderita GERD harus memiliki persiapan ekstra dalam menyambut Ramadan.

"Saya menganjurkan saat ini kalau ada masalah lambung konsultasi dulu ke dokternya atau untuk minggu pertama saya anjurkan untuk minum obat asam lambung terlebih dahulu," ujar Prof. Ari ditemui di RSUI.

Puasa

Prof. Ari menjelaskan minggu pertama puasa merupakan fase di mana tubuh menyesuaikan diri. Sebab sebelumnya, tubuh terpapar dengan berbagai macam makanan yang kurang sehat.

"Minggu pertama itu untuk semua orang bukan cuma yang GERD, merupakan fase penyesuaian tubuh kita bisa enggak puasa, baru minggu keduanya sudah bisa menyesuaikan diri," kata Prof. Ari.

Ramadan adalah momen yang tepat untuk mengatur pola makan. Selama pandemi COVID-19, banyak orang yang sulit mengontrol makanan mulai dari yang manis hingga makanan berlemak.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini