Share

6 Cara Memilih Durian yang Manis, Perhatikan Batang dan Bentuk Buahnya!

Wilda Fajriah, Jurnalis · Senin 21 Maret 2022 20:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 21 298 2565284 6-cara-memilih-durian-yang-manis-perhatikan-batang-dan-bentuk-buahnya-NE0R7Wd09T.jpg Cara Pilih Durian yang Manis (Foto: Cookist)

CARA memilih durian yang manis ternyata ada lho. Karenanya harganya cukup mahal, jadi jangan sampai zonk ketika memilih durian. 

Soalnya, selain aromanya yang harum, rasa durian juga manis banget. Makanya, banyak banget dari mereka yang ketagihan kalau sudah mencicipi buah berduri ini.

Karena terkadang harganya bisa sangat mahal, makanya akan terasa rugi jika Anda membeli durian yang ternyata rasanya kurang manis. Supaya hal itu tidak terjadi, berikut adalah 6 cara memilih durian yang manis, seperti dilansir dari laman Guide Michelin pada Senin (21/3/2022).

Gores Batangnya

Cara Pilih Durian yang Manis

(Cara Pilih Durian yang Manis, Foto: Cookist)

Cara termudah untuk mengecek tingkat kemanisan durian adalah dengan menggaruk batangnya dengan lembut dengan ujung jari Anda. Jika batang memperlihatkan bagian dalam yang berdaging dan berdaun hijau, itu adalah tanda durian telah jatuh dari pohon dalam 24 jam terakhir.

Untuk batang yang lebih gelap, berarti durian telah dipanen jauh lebih awal. Jangan membiarkan penjual durian menggaruk batangnya, mereka mungkin menggunakan pisau dan itu menggagalkan tujuan tes gores ini.

BACA JUGA : Rekomendasi 5 Tempat Makan Durian di Jakarta, Garansi Enak Dijamin Puas!

Cium Bau Durian

Bau yang tercium dari buah juga merupakan indikator kesegaran dan rasanya. Minta penjual durian untuk menahan buah dan mengendus di sepanjang jahitan dan garis split di sepanjang bagian atas durian yang lebih dekat ke batang karena kulit bagian atas jauh lebih tipis daripada bagian bawah, yang memungkinkan bau buah menembus dengan mudah.

Secara umum, ada dua jenis bau dari durian. Jika aromanya segar dan mengingatkan pada daun hijau, itu tandanya daging durian itu manis. Jika ada bau yang agak menyengat, itu bisa menunjukkan kepahitan pada dagingnya. Jika durian tidak mengeluarkan bau berarti belum matang.

Jika aromanya terlalu menyengat, itu pertanda buahnya terlalu matang. Untuk mencegah diri Anda tertusuk duri durian saat mengendus, letakkan tangan Anda di atas durian sebelum mendekatkan hidung ke buah.

BACA JUGA : 5 Durian Termahal di Dunia, Ada yang Seharga Rp676 Juta!

Perhatikan Bentuk Buahnya

Berlawanan dengan kepercayaan populer, durian yang berbentuk oval dan bulat sempurna tidak selalu yang terbaik. Seseorang harus memberi kesempatan pada buah berbentuk aneh juga. Buah berbentuk aneh bisa datang dalam bentuk sedikit melengkung dan bulan sabit.

Meskipun buah berbentuk aneh mengandung lebih sedikit ruang dan biji yang tertutup daging, dagingnya bisa lebih beraroma dan kuat, dengan tekstur lebih lembut dan lebih kental. Berat durian yang optimal adalah 1,5 hingga 2kg, yang menghasilkan rasa terbaik.

Dengarkan Saat Penjual Durian Mengetuk Buah

Penjual durian sering terlihat melemparkan buah di sekitar tangan mereka yang bersarung dan mengetuknya berulang kali. Tujuan utama dari tindakan ini adalah untuk memeriksa bagian mana dari buah yang sudah matang. Jika durian matang, seharusnya berbunyi seperti memukul drum.

Karena, buahnya lebih berlubang dengan celah udara di dalam buah. Dengarkan suara ketukan saat penjual mengocok durian yang sudah matang karena bijinya seharusnya sudah mengendur.

Penampilan Daging Buah

Cara Pilih Durian yang Manis

(Cara Pilih Durian yang Manis, Foto: Womensweekly)

Setelah durian dibelah, perhatikan warna daging duriannya. Jika berwarna kuning cerah, biasanya dagingnya manis. Jika Anda melihat warna keabu-abuan di sisi daging, perkirakan dagingnya memiliki sedikit rasa pahit.

Gunakan sarung tangan untuk mengolah daging. Daging harus lembut, kenyal, sedikit lengket dan hampir seperti puding. Alih-alih menyentuh biji yang tertutup daging, lebih baik Anda mencicipinya untuk memutuskan apakah Anda puas dengan kualitas durian tersebut.

Pikirkan Sebelum Membeli

Sebelum memutuskan untuk pergi ke toko buah dan membeli durian, sebaiknya ketahui terlebih dahulu durian seperti apa yang Anda cari. Apakah yang manis, sedikit pahit, bertekstur seperti krim, atau yang kental.

Untuk menjaga agar tidak ditipu, coba lihat ulasan toko buah yang ingin Anda kunjungi melalui sosial media atau forum publik. Perhatikan dan amati juga para penjual durian saat mereka mengeluarkan biji berdaging dari kulitnya dan mengemasnya ke dalam kotak.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini