Share

3 Rujak Khas Indonesia yang Wajib Dicoba Pencinta Kuliner

Tim Okezone, Jurnalis · Selasa 22 Maret 2022 19:33 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 21 298 2565466 3-rujak-khas-indonesia-yang-wajib-dicoba-pencinta-kuliner-4hk657n7Is.jpg Rujak Gobet Malang. (Foto: Instagram)

RUJAK menjadi salah satu makanan pedas yang banyak digemari oleh orang-orang. Rujak pun memiliki beragam jenis dengan cita rasa yang khas, sesuai dengan daerahnya.

Indonesia memang memiliki beraneka ragam kuliner yang unik dan lezat. Dari satu daerah ke daerah lain, para wisatawan dapat menemukan cita rasa dan sajian yang berbeda-beda.

Salah satunya adalah rujak, sajian salad buah yang satu ini hadir di setiap daerah seluruh Indonesia dengan keunikannya masing-masing. Mari simak deretan rujak autentik dari berbagai daerah di tanah air yang wajib Anda coba saat berkunjung.

Rujak Kuah Pindang - Bali

Rujak

Rujak ini terbuat dari beberapa buah-buahan segar yang hampir mirip dengan rujak manis atau rujak gula, seperti mangga, bengkuang, pepaya, nanas, kedondong, mentimun, belimbing, dan lain-lain.

Namun, yang membedakannya dengan rujak biasa adalah kuah kaldu yang terbuat dari ikan, garam, terasi, dan cabai. Semua bahan pelengkap itu digiling sampai lembut dan menjadi kaldu. Ketika pembuatan rujak ini tidak diberikan air lagi karena akan dicampur kuah pindang tersebut.

Rujak Es Krim - Yogyakarta

Rujak

Rujak ini terdiri dari buah-buahan yang diserut, kemudian diberi bumbu dan di atasnya diberi es puter. Buah-buahan yang dipakai di dalam rujak adalah nanas, bengkoang, mangga, kedondong, jambu air, ketimun, dan daging buah jeruk bali.

Rujak Gobet Malang

Rujak

Rujak khas Malang ini terdiri dari berbagai macam buah-buahan, seperti kedondong, bengkoang, mangga muda, nanas, mentimun, ubi jalar, dan jeruk bali, yang diparut dan direndam dalam kuah pedas, manis, dan gurih.

Ingin tahu lebih lanjut tentang first class Lifestyle, silakan klik HighEnd-Magazine.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini