Share

5 Cara Mengatasi Sakit Kepala saat Puasa Tanpa Minum Obat

Wilda Fajriah, Jurnalis · Senin 21 Maret 2022 19:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 21 481 2565194 5-cara-mengatasi-sakit-kepala-saat-puasa-tanpa-minum-obat-Q1YAcnUD2x.jpg 5 Cara Mengatasi Sakit Kepala saat Puasa (Foto: Gncdubai)

5 CARA mengatasi sakit kepala saat puasa penting Anda ketahui karena tak lama lagi Bulan Ramadan. Sakit kepala memang menjadi salah satu masalah yang kerap dialami saat puasa, terutama awal-awal Ramadan

Sakit kepala biasanya akan hilang setelah Anda berbuka puasa. Dengan kata lain, tidak makan dan minum dapat menyebabkan sakit kepala karena tubuh kekurangan cairan. Namun jangan khawatir, karena ada beberapa hal yang bisa Anda coba untuk mengatasi sakit kepala saat puasa.

Melansir laman Do Fasting pada Senin (21/3/2022), berikut adalah 5 cara yang bisa dicoba untuk mengatasi sakit kepala saat puasa.

Tetap Terhidrasi

5 Cara Mengatasi Sakit Kepala saat Puasa

(5 Cara Mengatasi Sakit Kepala saat Puasa, Foto: Healthline)

Bahkan, dehidrasi ringan saja dapat menyebabkan kelelahan dan sakit kepala. Karenanya, Anda harus mengganti cairan yang hilang selama puasa dengan tetap mengonsumsi 8 gelas air per hari. Anda bisa mengakalinya dengan minum 2 gelas saat sahur, 4 gelas saat berbuka puasa, dan 2 gelas sebelum tidur.

BACA JUGA : 10 Tips Mencegah Dehidrasi saat Puasa Ramadan, Biar Gak Gampang Lemas!

Jangan Berbuka Puasa Dengan Makan Besar

Mungkin Anda sudah menanti-nantikan waktu berbuka puasa sejak lama. Tetapi, jika saatnya tiba, jangan pernah tergoda untuk balas dendam alias makan terlalu banyak atau dalam porsi besar karena bisa membuat Anda merasa kembung, tidak nyaman, dan lelah.

BACA JUGA : 5 Makanan yang Baik Dikonsumsi Saat Sahur, Bikin Kenyang Lebih Lama!

Makan Makanan Padat Nutrisi

Setelah puasa, makanlah makanan yang padat nutrisi dan banyak mengandung serat, vitamin, mineral, dan nutrisi. Diet seimbang sangat bagus untuk menurunkan berat badan, kesehatan secara keseluruhan, dan menjaga kadar gula darah Anda tetap stabil.

Istirahat

Pada hari-hari puasa, hindari melakukan aktivitas berat dan lakukan olahraga yang lebih ringan seperti jalan kaki dan yoga. Olahraga ringan dapat bermanfaat bagi Anda, tetapi selalu dengarkan tubuh Anda.

Menghindari makan pada hari-hari puasa bisa jadi sulit terutama jika Anda bosan atau mulai lapar. Kegiatan seperti meditasi dapat membantu mengalihkan perhatian Anda sekaligus membuat Anda merasa lebih tenang pada saat yang bersamaan.

Jangan Terobsesi dengan Makanan

5 Cara Mengatasi Sakit Kepala saat Puasa

(5 Cara Mengatasi Sakit Kepala saat Puasa, Foto: Healthline)

Pada hari-hari di mana Anda berpuasa, cobalah untuk tidak terobsesi dengan makanan. Rencanakan banyak aktivitas untuk membuat Anda sibuk agar tidak memikirkan makanan. Pergi menonton film atau membalas email kantor bisa jadi alternatif yang baik.

Meskipun mekanisme pasti yang menyebabkan sakit kepala saat puasa belum ditemukan, diperkirakan bahwa kombinasi penghentian kafein, kadar gula darah rendah, dan dehidrasi pasti berperan. Dengarkan tubuh Anda, minum banyak air dan makan makanan kaya nutrisi selama sahur dan buka puasa untuk menjauhkan sakit kepala yang mengganggu itu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini