Share

Kurangi Konsumsi Garam Yuk, Demi Kesehatan Ginjal!

Antara, Jurnalis · Selasa 22 Maret 2022 15:21 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 22 298 2565877 kurangi-konsumsi-garam-yuk-demi-kesehatan-ginjal-TkrfptSYbE.jpg Konsumsi garam harus dikurangi (Foto: Medical news today)

SEBUAH studi yang dipresentasikan dalam pertemuan ASN (American Society of Nephrology) di Philadelphia, Pennsylvania beberapa waktu lalu menunjukkan, terlalu banyak mengonsumsi garam meningkatkan risiko seseorang terkena masalah ginjal.

Para peneliti menemukan, asupan natrium yang tinggi yakni rata-rata 4,7 gram per hari, berhubungan dengan meningkatnya risiko membutuhkan dialisis.

 garam

Namun, mereka tidak menemukan manfaat yang terlihat untuk asupan natrium yang rendah, yakni rata-rata 2 gram sehari.

"Temuan kami memperkuat manfaat yang diketahui dari pola makan sehat dan menunjukkan kalau konsumsi makanan diet yang sehat dapat melindungi diri dari masalah ginjal di masa depan," kata Andrew Smyth dari National University of Ireland, Galway.

"Seperti halnya modifikasi diet, konsumsi makanan sehat menawarkan potensi secara signifikan mengurangi beban penyakit ginjal kronis, sementara itu juga melindungi dari penyakit jantung," tambah Smyth dalam penelitian yang melibatkan 544.635 partisipan itu.

Temuan ini dikonfirmasi melalui studi terpisah yang menemukan kalau mengurangi asupan garam dapat mengurangi albuminuria, atau kelebihan protein dalam urin, yang merupakan ciri khas disfungsi ginjal.

Dalam studi yang dipimpin Meg Jardine dari The George Institute for International Health di Australia itu, para penduduk dari 120 buah desa dilibatkan. Para peneliti lalu menganalisis hasil program pengurangan sodium yang dilakukan selama 18 bulan.

 BACA JUGA:Mengenal Garam Okinawa, Bisa Buat Mandi Lho!

Hasil studi mengungkapkan, individu yang mengurangi konsumsi sodium, menurunkan risiko menderita albuminuria sebanyak 33 persen dibandingkan mereka yang tidak mengurangi asupan sodiumnya. Demikian seperti dilansir Indian Express.

(DRM)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini