Share

3 Tips Mengatasi Stress Eating, Lakukan Sebelum Kena Diabetes

Tim Okezone, Okezone · Selasa 22 Maret 2022 20:35 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 22 612 2565696 3-tips-mengatasi-stress-eating-lakukan-sebelum-kena-diabetes-Qbvbo5hVzE.jpg Stress Eating. (Foto: Highend)

SIKAP seseorang dalam menghadapi sebuah masalah memang berbeda-beda. Ketika stres ada orang yang tidak memiliki napsu makan, tapi juga sebaliknya ada juga yang malah mengatasinya dengan cara makan.

Mereka biasanya malah mengonsumsi makanan secara berlebihan ketika mengalami stres atau biasa disebut stress eating. Kondisi stress eating tidak bisa disepelekan, walaupun ini memang terlihat tak berbahaya. Akan tetapi, bisa membahayakan kesehatan, yaitu menyebabkan obesitas.

Jika dibiarkan terlalu sering tubuh akan terlalu banyak menyimpan kalori sehingga berat badan sulit terkontrol. Pola makan yang tidak sehat inilah bisa menyebabkan penyakit lainnya, seperti diabetes dan hipertensi. Lalu, bagaimana cara mengatasi stress eating? Inilah beberapa cara untuk mengatasinya.

Makanan

Konsumsi Makanan Bergizi

Cobalah untuk mengonsumsi makanan sehat dan rendah kalori saat stress eating melanda. Jika Anda memilih makanan yang sehat dengan tinggi serat, protein dan lemak sehat, akan membuat Anda kenyang lebih lama.

Tetapkan Jadwal Makan

Perlu diingat “Makan itu Kebutuhan bukan Keinginan”, jika Anda selalu ingat kalimat ini, lama-kelamaan akan terbiasa dan terkontrol. Usahakan makan rutin tiga kali sehari, termasuk ketika sedang stres.

Olahraga

Olahraga bisa menurunkan kadar hormon stress di dalam tubuh dan bisa memperbaiki mood. Oleh karena itu, jika olahraga dilakukan secara rutin, hal ini bisa membakar kalori berlebih di tubuh. Selain itu, selama olahraga Anda bisa sambil mendengarkan musik kesukaan atau melakukan aktivitas hobi lainnya.

Ingin tahu lebih lanjut tentang first class Lifestyle, silakan klik HighEnd-Magazine.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini