Share

Demi Capai Pertumbuhan Maksimal, Orangtua Wajib Pantau Tumbuh Kembang Anak

Antara, Jurnalis · Selasa 22 Maret 2022 17:45 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 22 612 2565986 demi-capai-pertumbuhan-maksimal-orangtua-wajib-pantau-tumbuh-kembang-anak-GjyTnAxYxo.jpg Orangtua wajib pantau tumbuh kembang anak (Foto: Cow makes moo)

DOKTER Spesialis Anak di RS Cipto Mangunkusumo (RSCM) Kencana, Bernie Endyarni Medise meminta agar orangtua tetap memantau pertumbuhan dan perkembangan anak-anak meski di tengah pandemi.

Orangtua, ujar dia, harus memantau berat badan, tinggi badan, lingkar kepala hingga perkembangan anak-anak seperti motorik kasar dan halusnya apakah sesuai dengan usianya.

 pantau tumbuh kembang anak

"Selama work from home (WFH) jangan lupa memantau, jangan bosan memplot berat badan, tinggi badan juga perkembangan anak," katanya.

Apalagi sudah ada alat screening yang sudah tersedia, ini agar anak mencapai pertumbuhan maksimal.

 Sementara itu, program Thrive by Five juga diluncurkan untuk meningkatkan kesadaran tentang pentingnya tahun-tahun awal anak dan memberdayakan orangtua untuk memantau dan mengawal tumbuh kembang anak. Melalui program ini orangtua bisa dibimbing mengasuh anak dengan baik.

“Program ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada orangtua dan pengasuh tentang hal yang mereka butuhkan selama lima tahun pertama anak. Ini untuk membantu anak-anak mencapai potensi masa depan mereka sepenuhnya. Ilmu pengetahuan menunjukkan bahwa momen-momen kecil dari koneksi dan interaksi, frekuensi pengulangan dan dapat membuat perbedaan yang signifikan," ujar Dr Andrew Forrest AO, Ketua dan Pendiri Yayasan Minderoo.

Co-Founder dan Co-Chair Minderoo Foundation Nicola Forrest mengatakan, program dan aplikasi ini membantu anak-anak berkembang langsung melalui dukungan jutaan orangtua dan pengasuh.

“Fokus khusus kami adalah pada komunitas di mana kesadaran akan pentingnya perkembangan anak usia dini, atau di mana akses ke informasi ini terbatas, dan memberikan mereka informasi yang mudah diakses yang dan sudah disesuaikan dengan mereka,” tambahnya.

Konten Thrive by Five juga didasarkan pada penelitian antropologis dan neurosciencetific yang dibuat khusus di setiap negara.

 BACA JUGA:3 Mitos soal Tumbuh Kembang Anak, Pakai Tangan Kiri Tak Selalu Jadi Kidal

"Tujuan utama dari program ini adalah untuk menginspirasi orang tua dan pengasuh untuk lebih banyak melakukan interaksi yang berkualitas dengan anak-anak dan dengan demikian mengubah perilaku mereka dengan menyoroti tindakan yang dapat dilakukan dan diinginkan seperti permainan sederhana seperti cilukba yang terbukti secara ilmiah memiliki dampak yang signifikan bagi tumbuh kembang anak," pungkas Nicola Forrest.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini