Share

Sensasi Perpaduan Cita Rasa Bakso Khas Pontianak dan Medan Dilengkapi Daun Ketumbar, Yummy!

Novie Fauziah, Okezone · Rabu 23 Maret 2022 08:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 23 298 2566151 sensasi-perpaduan-cita-rasa-bakso-khas-pontianak-dan-medan-dilengkapi-daun-ketumbar-yummy-YvS75w2d2k.jpg Perpaduan Bakso Khas Pontianak dan Medan Jadi Hidangan Lezat (Foto: Novie/MPI)

BAKSO merupakan salah satu kudapan yang mengenyangkan, bisa Anda temui dimanapun dan kapanpun. Makanan berkuah ini juga disukai banyak orang, tak heran para pelaku usaha di bidang kuliner membuat bakso racikannya sendiri agar terasa lebih nikmat dan berbeda dari yang lainnya.

Misalnya salah satu stylish hits Erich Al Amin dan sahabatnya Ichsan Freugald, selain sibuk di entertainment ia juga berjualan bakso yang diberi nama Bakso Cwan In. Mereka membuka jenama di kawasan Karet Tengsin, Jakarta Pusat.

Bakso

Menariknya bakso satu ini memiliki rasa yang cukup unik. Di mana gabungan antara bakso khas Medan dan Pontianak, berubah jadi hidangan yang lezat serta lebih spesial.

Tak hanya itu saja, biasanya bakso hanya ditabur daun seledri, daun bawang dan bawang goreng saja. Tapi bakso satu ini menambahkan irisan daun ketumbar, sehingga aromanya lebih harum serta rasanya jadi kaya.

"Daun ketumbar ini sih yang beda dari bakso lainnya," kata Ichsan kepada MNC Portal di Renee Square, Karet Tengsin, Jakarta Pusat beberapa waktu lalu.

BACA JUGA : Cara Membuat Mie Bakso Next Level ala Chef Arnold & Anya Geraldine

Bakso

Ichsan melanjutkan, biasanya daun ketumbar ini digunakan untuk makanan-makanan khas Thailand, seperti tomyam atau pho. Namun ternyata belum banyak yang tahu, kalau bakso dari Pontianak pun biasa menggunakan taburan daun ketumbar.

Dalam satu mangkuk atau per porsinya, terdapat empat buah bakso daging sapi, mi kuning, bihun, sawi, tetelan dan tentunya taburan daun ketumbar, bawang goreng.

BACA JUGA : Unik! Bakso Kekinian Ini Pakai Daun Ketumbar sebagai Pelengkapnya, Mau Coba?

Kuah bakso ini bening. Meski demikian, kaldu sapinya benar-benar terasa segar. Apalagi ditambah sambal cabai rawit, saus, sedikit kecap dan perasan jeruk limau rasanya akan semakin mantap.

Bukan hanya mi bakso saja, disini juga tersedia bakmi dan bakso dengan mi tiaw. Anda bisa memilih jenis mi yang ingin dicampurkan. Oh ya, jika Anda suka, kata Ichsan pelanggan yang ingin meminta sumsum juga akan diberikan. Jika persediaannya masih ada.

"Kalau ada yang minta sumsum, kadang kita kasih kok," terangnya.

Baca Juga: Dua Kapal Ikan Asing Pelaku IUU Fishing Berhasil Diamankan BAKAMLA dan KKP RI

Sementara itu Erich mengatakan, bahwa idenya membuka bisnis bakso ini berawal dari hobinya makan. Bakso menjadi salah satu makanan favoritnya, karena bisa disantap di waktu kapan saja. Bisa dijadikan sarapan, makan siang, bahkan makan malam bakso sangat cocok untuk dimakan.

"Awalnya karena kita hobi makan, jadi memutuskan jualan bakso," ujarnya.

Bakso Ketumbar

Dinamakan Bakso Cwan In karena ada filosofinya sendiri. Erich bilang, jikan cwan artinya uang dan in berarti masuk ke dalam, sehingga berharap uang yang didapat dari hasil usaha kulinernya ini akan terus masuk ke dalam kantongnya.

Selain itu, kata Erich, baksonya ini tidak menggunakan MSG. Rasa gurih yang dihasilkan adalah benar-benar dari kaldu sapi. Sehingga jika anak-anak ingin memakannya akan lebih aman, karena ia sendiri sangat memerhatikan kualitas dari baksonya.

"Kemarin Aurel Hermansyah dan Syifa, adiknya Ayu Ting Ting juga pesan bakso ini. Aurel untuk acara akikah anaknya. Syifa di pesta nikahnya. Alhamdulillah responnya semua baik," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini