Share

9 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Secara Alami, Napas Kembali Plong!

Wilda Fajriah, Jurnalis · Rabu 23 Maret 2022 19:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 23 481 2566485 9-cara-mengatasi-hidung-tersumbat-secara-alami-napas-kembali-plong-v4Bf2iNxIk.jpg 9 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Secara Alami (Foto: Healthline)

9 CARA mengatasi hidung tersumbat secara alami dalam artikel ini dapat Anda coba. Hidung tersumbat dan dada yang dipenuhi lendir memang dapat membuat Anda sulit menjalani kehidupan sehari-hari seperti biasa. Terkadang, bahkan sulit untuk bernapas.

Untungnya, ada cara untuk membebaskan saluran udara Anda. Selain obat bebas (OTC), ada juga beberapa pengobatan alami yang dapat membantu meringankan hidung tersumbat. Melansir laman Healthline pada Rabu (23/3/2022), berikut adalah 9 cara mengatasi hidung tersumbat secara alami.

Humidifier

9 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Secara Alami

(9 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Secara Alami, Foto: Healthline)

Humidifier adalah alat yang menambah kelembapan udara. Udara dingin dan kering dapat membuat Anda merasa lebih sesak dan mengganggu drainase sinus Anda sebagaimana mestinya, pelembab udara dapat membantu dengan memompa uap air ke udara yang Anda hirup.

Ini, pada gilirannya, dapat meningkatkan kelembapan di hidung Anda dan membuatnya lebih mudah untuk bernapas. Anda dapat menjalankan pelembab udara di siang hari dan juga di malam hari. Menjalankan pelembab udara saat Anda tidur dapat membantu membuka saluran hidung dan membuat tidur lebih nyaman.

Menggunakan pelembap udara juga memiliki sedikit risiko. Banyak orang melaporkan bahwa udara yang dilembabkan membantu memperbaiki gejala pilek mereka.

BACA JUGA : 10 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat pada Bayi karena Pilek

Uap

Uap adalah cara alami untuk meningkatkan kelembapan udara di sekitarnya. Ini juga dapat membantu mengencerkan dan mengeringkan lendir di hidung Anda dengan lebih mudah. Menurut sebuah studi pada 2008, minum minuman panas bisa menjadi cara yang efektif untuk mengurangi rasa sesak. Mandi air hangat juga bisa menjadi cara yang baik untuk merasa lebih baik.

Cara mudah lainnya untuk menggunakan uap agar tidak terlalu sesak adalah dengan menuangkan air panas ke dalam mangkuk besar, lalu hirup uapnya sambil membungkuk di atas mangkuk dengan handuk menutupi kepala Anda.

Penelitian telah menemukan bahwa terapi uap dapat meningkatkan risiko luka bakar parah, terutama pada anak-anak, jadi pastikan untuk menggunakan metode ini dengan sangat hati-hati.

Semprotan hidung

Semprotan hidung dapat membantu mengencerkan lendir di saluran hidung Anda. Jenis semprotan ini tersedia di toko obat. Namun, perlu dicatat bahwa penggunaan semprotan hidung yang berkepanjangan dapat menyebabkan efek rebound, atau memperburuk gejala hidung tersumbat.

BACA JUGA : Hidung Tersumbat, Begini Triknya agar Mudah Tidur

Neti pot

Menurut Food and Drug Administration (FDA),alat irigasi hidung, beberapa di antaranya biasa disebut neti pot, bisa menjadi cara yang efektif untuk mengatasi dekongestan bila digunakan dan dibersihkan dengan benar.

Neti pot terlihat seperti teko kecil dengan cerat panjang, dan menggunakan garam untuk membersihkan saluran hidung yang tersumbat. Menurut sebuah studi tahun 2015, irigasi hidung dapat membantu mengurangi hidung tersumbat dan batuk, membersihkan lendir dan kuman, dan meningkatkan pernapasan.

Kompres hangat

Kompres hangat dapat membantu meredakan hidung tersumbat dengan mengurangi peradangan dan membuka saluran hidung dari luar. Untuk membuat kompres hangat, rendam kain lap atau handuk kecil dalam air hangat, bukan air panas. Peras kelebihan air dari kain, lalu lipat dan letakkan di atas hidung bagian atas dan dahi bagian bawah.

Kehangatan dapat membantu meredakan peradangan di lubang hidung dan sinus Anda dan membuatnya lebih mudah untuk bernapas. Hindari kompres hangat di wajah terlalu lama untuk mengurangi risiko kulit terbakar.

Rempah-rempah

Makan makanan pedas adalah cara umum untuk membantu membuka saluran hidung. Makanan seperti paprika, jahe, dan bawang putih dapat memicu kondisi yang disebut rinitis gustatory. Makanan pedas menyebabkan tubuh membuat lebih banyak lendir dan menyebabkan hidung meler.

Juga, beberapa rempah-rempah seperti kunyit memiliki sifat anti-inflamasi. Pertimbangkan untuk menambahkan cabai, jahe parut, bubuk kunyit, dan rempah-rempah lainnya ke dalam makanan Anda.

Kepala yang ditinggikan

Menjaga kepala Anda tetap tinggi dapat mencegah lendir berkumpul di sinus Anda di malam hari. Ini juga dapat meredakan tekanan sinus. Berbaring telentang dan gunakan bantal tambahan untuk memastikan kepala Anda berada pada sudut yang sedikit lebih tinggi daripada bagian tubuh lainnya.

Minyak esensial

9 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Secara Alami

(9 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Secara Alami, Foto: Healthline)

Meskipun bukti terbatas, diyakini bahwa beberapa minyak esensial dapat membantu meringankan gejala hidung tersumbat. Dalam sebuah studi 2010, semprotan minyak esensial yang mengandung peppermint, eucalyptus, oregano, dan rosemary diterapkan pada peserta lima kali sehari selama 3 hari.

Di akhir penelitian, para peneliti menyimpulkan bahwa semprotan minyak esensial efektif untuk memperbaiki gejala saluran pernapasan atas segera setelah digunakan, tetapi tidak mengurangi gejala secara keseluruhan setelah 3 hari penggunaan.

Minyak atsiri dapat dikombinasikan dengan minyak pembawa, seperti minyak kelapa atau jojoba, dan dioleskan ke kulit. Atau mereka dapat ditambahkan ke diffuser dan digunakan sebagai aromaterapi. Jauhkan minyak esensial dari anak-anak dan hewan peliharaan. Mereka bisa menjadi racun jika tertelan.

Hidrasi

Minum cairan membantu melonggarkan lendir kental yang dapat menyumbat saluran hidung Anda. Saat Anda mengalami sesak, cobalah untuk menargetkan asupan cairan harian minimum sekitar 11,5 gelas (untuk wanita) hingga 15,5 gelas (untuk pria).

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini