Share

Lestarikan Warisan Budaya, Indonesian Culture Heritage Terapkan Aksi Nyata di Masyarakat

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Rabu 23 Maret 2022 20:34 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 23 612 2566717 lestarikan-warisan-budaya-indonesian-culture-heritage-terapkan-aksi-nyata-di-masyarakat-s7BavvwWGp.jpg Indonesian Culture Heritage. (Foto: Okezone/Ardi)

MELESTARIKAN budaya bangsa adalah tanggung jawab semua bangsa. Kekayaan budaya Indonesia yang terhampar luas di semua wilayah tentu harus dijaga dan dilestarikan.

Itulah kenapa Warisan Budaya Indonesia atau Indonesian Culture Heritage hadir di tengah masyarakat. Sebagai organisasi nirlaba, WBI didirikan untuk menjaga integritas tradisi budaya Indonesia dan meningkatkan kehidupan berbudaya pada masyarakat Indonesia.

"Warisan Budaya Indonesia hadir sebagai wadah melestarikan dan senantiasa mempromosikan warisan budaya Indonesia," kata Yanti Airlangga, salah satu Founder WBI dalam konferensi pers di The Langham Jakarta, Rabu (23/3/2022).

Yanti melanjutkan, dengan adanya WBI ini, diharapkan akan banyak aksi-aksi nyata di masyarakat yang menggelorakan pengaplikasian pelestarian budaya.

WBI

"Sekarang ini sudah semakin sedikit acara-acara yang menggunakan pakaian adat atau pakaian tradisional. Karena itu, kami coba memulainya dan diharapkan ini akan terus digiatkan oleh generasi muda sampai penerus selanjutnya," kata Yanti.

Ia menambahkan, hadirnya Warisan Budaya Indonesia ini pun diharapkan bisa menjadi devisa negara yang membawa kesejahteraan bagi para pelaku budaya.

"Dengan sudah semakin membaiknya perekonomian bangsa ini, kondisi pandemi pun semakin terkendali, kami sangat berharap upaya yang diinisiasi Warisan Budaya Indonesia ini bisa memberi kebaikan dan kesejahteraan pelaku budaya Indonesia," katanya.

"Karena itu juga, kami sangat terbuka dengan segala kesempatan untuk bermitra atau bekerja sama dengan berbagai pihak yang memiliki harapan yang sama agar budaya Indonesia bisa terus dipertahankan dan dikembangkan," tambah Yanti.

Warisan Budaya Indonesia menyasar generasi muda sebagai target utamanya. Itu kenapa platform media sosial menjadi 'senajata' mereka menggaungkan aksi ini.

"Ini juga upaya kami mengajak generasi muda untuk sama-sama menggiatkan aksi cinta dan lestarikan budaya bangsa. Media sosial kami pilih sebagai salah satu medium untuk menyuarakan aksi ini supaya lebih dekat dan menjangkau banyak masyarakat, bukan hanya Indonesia tapi dunia," papar Yanti Airlangga.

Yayasan Warisan Budaya Indonesia sendiri dicetuskan oleh para pencinta budaya, seperti Yanti Airlangga, Loemongga Agus Gumiwang, Pandu Sjahrir, Sari Agus Suparmanto, Anindya Bakrie, Gista Wishnutama, Liliana Tanoesoedibjo, Raffi Ahmad, Emmanuel L. Wanandi, dan Meutya Hafid.

Yayasan ini secara resmi hadir di Indonesia pada 24 November 2021. Ditegaskan sekali lagi bahwa organisasi nirlaba ini tak hanya concern terhadap kain wastra Nusantara, tetapi semua aspek budaya yang dimiliki Indonesia, meliputi tarian daerah, busana adat daerah, alat musik tradisional, senjata tradisional, makanan tradisional, hingga berbagai upacara adat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini