Share

5 Tips Memilih Alpukat Biar Gak Ketipu

Tim Okezone, Okezone · Kamis 24 Maret 2022 19:33 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 24 298 2567221 5-tips-memilih-alpukat-biar-gak-ketipu-fsMVAZ5gIY.jpg Ilustrasi Memilih Alpukat. (Foto: Highend)

BUAH-BUAHAN memang memiliki sederet manfaat untuk tubuh kita. Apalagi, ada beberapa buah yang bisa menggantikan lemak jahat, salah satunya adalah alpukat.

Termasuk jenis buah yang tidak matang di pohon, memilih alpukat pun cukup susah-susah gampang. Buah yang satu ini kadang tampak bagus di luar namun busuk di dalam.

Memang, alpukat umumnya banyak dijual di pasar buah, pasar tradisional, hingga swalayan. Anda pun bisa dengan bebas memilih alpukat mana yang akan Anda ambil untuk dibeli.

Jadi, ketika hendak membeli alpukat, Anda harus jeli dan berhati-hati dalam memeriksa tingkat kematangannya. Berikut beberapa tips selain tingkat kematangan yang harus Anda lakukan ketika akan membeli alpukat.

Jangan Tertipu dengan Warna

Alpukat

Meski warna merupakan salah satu komponen utama dalam menentukan alpukat yang baik, Anda sebaiknya jangan mudah tertipu dengan warna luar yang terlihat sebelum melakukan tips-tips lainnya di bawah ini.

Tekan Area Batang

Alpukat

Tekan bagian atas yang dekat dengan batang. Tidak perlu terlalu keras, cukup tekan dengan perlahan dan sedikit tenaga. Jika mudah ketika ditekan dan tetap mempertahankan bentuknya, berarti alpukat aman untuk Anda beli dan dikonsumsi. Namun jika meninggalkan bekas penyok, maka alpukat sudah terlalu matang dan bagian dalamnya berwarna cokelat.

Sentil Batangnya

Alpukat

Tips lain memilih alpukat adalah dengan menyentil batang kecil yang masih tertinggal di atasnya. Anda bisa mengibaskan batang itu apakah terlepas atau tidak. Tangkai alpukat yang bagus dan sudah matang akan mudah terlepas. Sementara apabila tangkainya sulit terlepas berarti alpukat tersebut belum matang.

Namun Anda bisa menyesuaikan dengan kebutuhan Anda, apabila menginginkannya untuk dimakan hari ini Anda harus memilih alpukat yang matang, sementara apabila Anda ingin memakannya besok-besok, tidak ada salahnya membeli alpukat yang belum terlalu matang, untuk menghindari kebusukan.

Baca Juga: Aksi Nyata 50 Tahun Hidupkan Inspirasi, Indomie Fasilitasi Perbaikan Sekolah untuk Negeri

Follow Berita Okezone di Google News

Jangan Khawatir dengan Tekstur

Alpukat

Layaknya Anda tidak boleh tertipu dengan warna, Anda juga tidak boleh bergantung pada tekstur yang terdapat pada buah alpukat. Alpukat memiliki banyak jenis dan varian dengan tekstur yang berbeda-beda.

Perhatikan Perubahan Warna

Alpukat

Menurut California Avocado Commision, perubahan warna yang mecolok seperti terdapat noda gelap pada alpukat menandakan bahwa alpukat telah melewati masa jayanya.

Ingin tahu lebih lanjut tentang first class Lifestyle, silakan klik HighEnd-Magazine.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini