Share

Perbedaan Telur Ayam Warna Coklat dan Putih, Mana yang Lebih Sehat?

Wilda Fajriah, Okezone · Kamis 24 Maret 2022 20:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 24 298 2567254 perbedaan-telur-ayam-warna-coklat-dan-putih-mana-yang-lebih-sehat-2EcjQkgFGv.jpg Perbedaan Telur Ayam Warna Coklat dan Putih (Foto: Timesofindia)

PERBEDAAN telur ayam warna coklat dan putih masih banyak orang yang mungkin belum mengetahuinya. Beberapa orang percaya telur ayam warna coklat lebih sehat atau lebih alami, sementara yang lain merasa bahwa telur putih lebih bersih atau hanya terasa lebih enak.

Tetapi apakah perbedaan antara telur ayam coklat dan putih lebih dari sekadar kulitnya?

Melansir laman Healthline pada Kamis (24/3/2022), telur ayam bisa datang dalam berbagai warna, dan telur berwarna coklat dan putih biasa ditemukan di supermarket. Namun, banyak orang yang tidak mengetahui apa yang menyebabkan telur memiliki warna yang berbeda.

Perbedaan telur ayam warna coklat dan putih

(Perbedaan telur ayam warna coklat dan putih, Foto: Timesofindia)

Jawabannya cukup sederhana, warna telur tergantung pada jenis ayamnya. Misalnya, ayam White Leghorn bertelur bercangkang putih, sedangkan Plymouth Rocks dan Rhode Island Reds bertelur berkulit coklat.

Beberapa jenis ayam, seperti Araucana, Ameraucana, Dongxiang, dan Lushi, bahkan bertelur berwarna biru atau biru-hijau. Warna kulit telur yang berbeda berasal dari pigmen yang dihasilkan ayam. Pigmen utama pada kulit telur berwarna coklat disebut protoporfirin IX. Itu terbuat dari heme, senyawa yang memberi darah warna merah.

BACA JUGA : Tips Membeli Telur Segar agar Sehat Dikonsumsi

Pigmen utama yang ditemukan dalam kulit telur biru disebut biliverdin, yang juga berasal dari heme. Ini adalah pigmen yang sama yang terkadang memberi warna biru-hijau pada memar. Cangkang telur juga dapat bervariasi warnanya di antara jenis ayam yang sama, tergantung pada dominasi genetik di antara masing-masing.

BACA JUGA : Banyak yang Keliru, Peternak Ini Bagikan Cara Tepat Simpan Telur Ayam di Kulkas

Tetapi meskipun genetika adalah faktor utama yang menentukan warna telur, faktor lain juga dapat memengaruhinya. Misalnya, seiring bertambahnya usia ayam yang bertelur coklat, mereka cenderung bertelur lebih besar dan berwarna lebih terang.

Lingkungan, pola makan, dan tingkat stres ayam juga dapat memengaruhi warna cangkang sampai batas tertentu. Faktor-faktor ini dapat membuat bayangan lebih terang atau lebih gelap tetapi tidak selalu mengubah warna itu sendiri. Trah masih menjadi faktor utama dalam hal warna telur.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

Apakah telur coklat lebih sehat daripada telur putih?

Seringkali, orang yang lebih suka telur cokelat melakukannya karena mereka percaya telur cokelat lebih sehat dan lebih alami daripada telur putih. Namun, kenyataannya semua telur memiliki nutrisi yang sangat mirip, terlepas dari ukuran, kadar, atau warnanya.

Telur coklat dan putih adalah makanan sehat. Telur mengandung banyak vitamin, mineral, dan protein berkualitas tinggi, semuanya terbungkus menjadi kurang dari 80 kalori.

Perbedaan telur ayam warna coklat dan putih

(Perbedaan telur ayam warna coklat dan putih, Foto: Timesofindia)

Namun, para ilmuwan telah membandingkan telur dengan cangkang coklat dengan telur dengan cangkang putih untuk melihat apakah ada perbedaan. Beberapa penelitian menemukan bahwa warna cangkang tidak secara signifikan mempengaruhi kualitas atau komposisi telur.

Ini berarti bahwa warna kulit telur tidak ada hubungannya dengan seberapa sehat telur itu. Satu-satunya perbedaan nyata adalah pigmen di cangkangnya. Namun, faktor lain dapat mempengaruhi kandungan gizi telur.

Misalnya, lingkungan ayam dapat memiliki pengaruh besar. Telur dari ayam yang dibiarkan berkeliaran di bawah sinar matahari mengandung 3-4 kali jumlah vitamin D yang Anda temukan dalam telur dari ayam yang dibesarkan secara konvensional.

Jenis pakan yang dimakan ayam juga dapat mempengaruhi kandungan nutrisi telurnya. Ayam yang diberi diet kaya asam lemak omega-3 menghasilkan telur yang mengandung kadar asam lemak omega-3 yang jauh lebih tinggi daripada biasanya. Efek yang sama telah ditemukan dengan vitamin D ketika ayam makan pakan yang diperkaya vitamin D.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini