Share

Hari Tuberkulosis Sedunia, Indonesia Masuk 8 Besar Negara dengan Kasus TBC Terbanyak

Wilda Fajriah, Jurnalis · Kamis 24 Maret 2022 12:51 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 24 481 2567065 hari-tuberkulosis-sedunia-indonesia-masuk-8-besar-negara-dengan-kasus-tbc-terbanyak-sGQgOqTsDK.jpg Menderita TBC (Foto: Istockphoto)

HARI Tuberkulosis (TBC) diperingati setiap 24 Maret. Pada tahun ini, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengangkat tema ‘Invest to End TB. Save Lives’ untuk memperingatinya.

Tema ini diusung guna menyampaikan desakan untuk menginvestasikan sumber daya demi meningkatkan perjuangan melawan dan mengakhiri kasus tuberkulosis.

Menurut pemaparan yang disampaikan oleh dr. Sry Dhuny Sp.P, Dokter Spesialis Paru (PDPI Jakarta), per 2021, terdapat 9,9 juta orang yang menderita TBC di seluruh dunia.

TBC

Sayangnya, Indonesia masih menjadi salah satu negara dari 8 negara dengan kasus TBC terbanyak. Menurut data dari 2020, terdapat 824 ribu estimasi kasus TBC, yang kemudian ternotifikasi sebanyak 393.323 kasus TBC.

Terdapat juga 33.366 kasus TBC pada anak, 8.003 kasus TBC dengan HIV, serta 13.110 kematian akibat TBC. Sedangkan treatment success rate nya berada pada posisi baik yakni mencapai 83 persen.

Dr. Sry juga mengatakan, ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan mengapa kasus TBC di Indonesia tergolong tinggi. Bahkan, kemiskinan dipercaya menjadi salah satu faktor seseorang terjangkit TBC.

"Orang yang memiliki sistem kekebalan tubuh rendah bisa lebih berisiko sakit TBC. Juga yang punya penyakit penyerta seperti diabetes melitus," kata dr. Sry dalam webinar media brief World Tuberculosis Day 2022, Kamis (24/3/2022).

TBC merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh infeksi bakteri Mycobacterium tuberculosis. Bakteri ini belum diketahui pasti muncul dari mana namun diperkirakan berasal dari hewan ternak.

Penularannya juga sangat mudah sebab seseorang dapat terjangkit jika menghirup udara yang sudah terkontaminasi Mycobacterium tuberculosis. Setelah masuk ke tubuh, bakteri tersebut mulai menginfeksi paru-paru tepatnya di bagian alveoli, tempat pertukaran oksigen dan karbon dioksida.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini