Share

11 Orang di Indonesia Meninggal Setiap 1 Jam Akibat TBC

Wilda Fajriah, Jurnalis · Kamis 24 Maret 2022 13:11 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 24 481 2567084 11-orang-di-indonesia-meninggal-setiap-1-jam-akibat-tbc-oEz4ynaln3.jpg Menderita TBC (Foto: Healthline)

HARI Tuberkulosis (TBC) diperingati setiap 24 Maret. Pada tahun ini, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengangkat tema ‘Invest to End TB. Save Lives’ untuk memperingatinya.

TBC merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh infeksi bakteri Mycobacterium tuberculosis. Bakteri tersebut ditemukan oleh dr. Robert Koch pada 1882. Karena itu, Hari Tuberkulosis Sedunia wajib diperingati sebagai bagian dari memperkuat upaya untuk mengakhiri kasus TBC di dunia.

 TBC

Dalam memperingati Hari Tuberkulosis Sedunia, dr. Sry Dhuny Sp.P. - Dokter Spesialis Paru (PDPI Jakarta) mengatakan, TBC merupakan salah satu penyakit yang perlu diwaspadai karena ini merupakan penyakit menular.

Terlebih, Indonesia masuk ke dalam 8 negara kasus TBC tertinggi dengan total kasus baru per 2020 sebanyak 384.025 atau 8.5 persen kasus global. Angka kematiannya juga mencapai 98.000 atau setara dengan 11 kematian per jam.

"Kalau kita lihat angka ini cukup tinggi. Berapa orang yang meninggal akibat kecelakaan setiap 1 jam? Sedangkan TBC ada 11 orang meninggal," kata dr. Sry dalam webinar media brief World Tuberculosis Day 2022, Kamis (24/3/2022).

Hingga saat ini, tuberkulosis pun masih menjadi masalah kesehatan di seluruh dunia. Ini karena TBC dapat menginfeksi siapa saja, terlebih dengan orang yang memiliki imunitas tubuh yang lemah.

Penyandang diabetes melitus atau kencing manis juga memiliki sistem imunitas tubuh yang lemah. Sehingga penderita diabetes melitus berisiko lebih banyak 2-3 kali lipat untuk terinfeksi TBC.

 BACA JUGA:Gejala Awal TBC, Batuk Berdahak 3 Minggu Lebih

Selain diabetes melitus, TBC juga kerap menyerang orang dengan gangguan HIV. HIV adalah virus yang menyerang dan melemahkan sistem kekebalan tubuh manusia. 3 dari 100 orang yang terinfeksi TBC biasanya terinfeksi HIV.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini