Share

Cuma 2,8% Orang Menyikat Giginya dengan Benar, Ternyata Ini Kesalahannya

Tim Okezone, Okezone · Kamis 24 Maret 2022 12:32 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 24 612 2567027 cuma-2-8-orang-menyikat-giginya-dengan-benar-ternyata-ini-kesalahannya-O8XHVT8k9r.jpg Ilustrasi Sikat Gigi. (Foto: Shutterstock)

SEDARI kecil kita memang diajarkan untuk menyikat gigi dua kali sehari, yakni saat pagi hari dan malam hari sebelum tidur. Tapi, banyak yang menyikat gigi tanpa memperhatikan bagaimana cara untuk menyikat gigi yang benar.

Ketua Pengurus Besar Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PB PDGI) drg. Usman Sumantri, M.Sc mengatakan, kebiasaan menyikat gigi pada masyarakat Indonesia memang sudah baik, tetapi masih banyak di antara mereka yang keliru dalam penerapannya.

Hal tersebut merujuk pada data Riskesdas 2018 yang mencatat dari 94,7 persen masyarakat yang memiliki kebiasaan menyikat gigi setiap hari, hanya 2,8 persen yang telah menyikat gigi dengan benar. Waktu yang tepat untuk menyikat gigi adalah pagi setelah makan dan malam sebelum tidur.

Sikat Gigi

"Kebanyakan orang itu bangun tidur, sikat gigi, sarapan, berangkat ke sekolah atau ke kantor. Begitu juga mau mandi sore, dia sikat gigi, padahal seharusnya sikat gigi kan sebelum tidur. Ini yang memang mesti diubah, perilaku orang sehingga kesehatan giginya bisa dipertahankan," kata Usman seperti dilansir dari Antara.

Selain permasalahan ketepatan waktu menyikat gigi, Usman juga menyoroti perbedaan pemahaman mengenai definisi "sakit gigi" antara praktisi kesehatan dengan masyarakat. Dia mengatakan saat ini masih banyak masyarakat yang berpikir bahwa sakit gigi berarti ketika sudah dalam kondisi berdenyut-denyut.

"Kami menganggap gigi berlubang sedikit saja itu sudah 'sakit'. Sudah gejala-gejala perubahan pada warna gigi, mungkin ada spot-spot, itu sudah menunjukkan ke arah karies," ujar Usman.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini