Share

Tak Mau Alami Penuaan Dini, Hindari Konsumsi 3 Asupan Ini Terlalu Sering

Tim Okezone, Jurnalis · Kamis 24 Maret 2022 20:34 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 24 612 2567294 tak-mau-alami-penuaan-dini-hindari-konsumsi-3-asupan-ini-terlalu-sering-riPXFp9nj2.jpg Ilustrasi Penuaan Dini. (Foto: Shutterstock)

BANYAK faktor yang bisa mempercepat penuaan dini seseorang, salah satunya adalah ketika kulit mengalami kekeringan. Ketika kulit menjadi kering, maka seseorang akan terlihat lebih tua dibandingkan usianya.

Kulit kusam kerap menjadi masalah bagi sebagian orang, terutama yang memiliki banyak aktivitas di luar ruangan. Meski rutin perawatan dan memakai skincare tapi kulit masih nampak kering dan kusam.

Ternyata ada kaitan antara kulit wajah kusam dengan makanan yang biasa dikonsumsi. Bisa jadi jenis-jenis makanan dan minuman di bawah ini menjadi penyebabnya.

Garam

Garam mengandung sodium yang bersifat menarik air. Karena itulah, apabila kadar garam dalam tubuh meningkat, cairan dalam sel, termasuk sel kulit dapat tertarik keluar sel. Akibatnya, hidrasi sel kulit akan berkurang dan kulit akan menjadi kering dan tampak lebih kusam.

Awet Muda

Gula

Kandungan gula yang terlalu banyak masuk ke dalam tubuh tidak akan baik bagi kesehatan tubuh. Insulin yang meningkat secara mendadak akan memberikan dampak buruk bagi tubuh. Hal inilah yang membuat kulit menjadi lebih banyak memproduksi minyak sehingga membuat penyumbatan pada pori-pori wajah.

Selain itu kadar gula yang tinggi juga dapat memicu peradangan yang membuat kerusakan pada jaringan kolagen. Sehingga kulit akan terlihat lebih kusam dan muncul keriput di wajah.

Minuman Beralkohol

Alkohol dapat menghambat hormon anti-diuretik. Hormon ini mengatur kadar air yang terdapat dalam tubuh kita. Akibatnya, air yang terdapat di dalam kulit pun akan tertarik keluar dan menyebabkan kulit menjadi kering dan kusam.

Selain itu, alkohol juga menyebabkan mineral dan vitamin terhambat untuk masuk ke dalam sel kulit. Hal ini akan menyebabkan kulit menjadi tampak kusam.

Ingin tahu lebih lanjut tentang first class Lifestyle, silakan klik HighEnd-Magazine.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini