Share

March Festival 2022: Rudy Hadisuwarno Curhat Sulitnya Bertahan dari Krismon 98

Pradita Ananda, Okezone · Kamis 24 Maret 2022 17:36 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 24 612 2567305 march-festival-2022-demi-bangun-salonnya-rudy-hadisuwarno-akhirnya-berhenti-kuliah-7QF5gkZczM.jpg Rudy Hadisuwarno. (Foto: Instagram)
SUDAH menekuni bidang tata rambut sejak tahun 1968, Rudy Hadisuwarno memang sangat tekun merintis bisnisnya. Tidak heran jika dia kemudian disebut sebagai maestro tata rias rambut Indonesia.

Meski saat ini sudah memiliki ratusan cabang, tapi perjalan membangun bisnisnya memang tidak selalu lancar. Selama kurang lebih 54 tahun membangun bisnis, banyak cerita dikisahkan singkat oleh Rudy lewat gelaran MARCH FESTIVAL 2022 ulang tahun MPI.

Salahs atunya ketika terjadi krisis moneter yang melanda Indonesia tahun 1998 juga membuat usaha salonnya terganggu.

“Salah satu kendala terbesar, krisis moneter tahun 1998 di mana waktu itu kondisi sangat susah. Salon-salon yang awalnya dengan target market kelas A harus terpaksa kita ubah target marketnya di beberapa mall,” tutur Rudy gelaran Webinar MARCH FESTIVAL 2022 MPI dengan tema 'Satu Inspirasi’ , Kamis (24/3/2022).

Rudi Hadisuwarno

Dihimpit situasi perekonomian yang sulit, tapi Rudy tak menyerah. Ia putar otak bagaimana usaha salon dengan banyak karyawan di dalamnya tetap harus berjalan. Rudy kemudian memutuskan untuk menurunkan level target marketnya dan menurunkan harga.

“Di beberapa mall saya ubah jadi salon yang lebih murah dengan label Salon Rudy by Rudy Hadisuwarno, tapi harganya seperempat dari harga salon Rudy Hadisuwarno. Hal ini sangat beresiko memang,” jelas dia.

Keputusan penuh risiko Rudy tak sia-sia, insting bisnisnya tersebut terbukti berhasil menyelamatkan bisnis salonnya di tengah situasi krisis ekonomi.

“Ini berisiko tapi faktanya ini sangat menolong, karena pelanggan yang mungkin awalnya tidak mampu jadi bisa mencoba dapat pelayanan ke Salon Rudy yang lebih terjangkau tapi dengan kualitas yang hampir sama,” pungkasnya.

Kini, bisnis tata rias rambut dari Rudy Hadisuwarno baik itu salon pribadi, franchise atau pusat studi pelatihan sudah berkembang tersebar di seluruh Indonesia dengan jumlah kurang lebih 100 salon.

Baca Juga: Dua Kapal Ikan Asing Pelaku IUU Fishing Berhasil Diamankan BAKAMLA dan KKP RI

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini