Share

Waspada, Ini 5 Gejala Awal Diabetes

Komaruddin Bagja, Jurnalis · Jum'at 25 Maret 2022 15:33 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 25 481 2567680 waspada-ini-5-gejala-awal-diabetes-9f0mi69gBi.jpg Ilustrasi Gejala Awal Diabetes. (Foto: Shutterstock)

GEJALA awal diabetes patut Anda periksa sejak dini. Jangan sampai setelah parah, baru tahu bahwa Anda pengidap diabetes. Semakin cepat tahu gejala, maka akan semakin mudah penanganannya.

Menurut Kementerian Kesehatan dalam hal ini Direktorat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular, ada 5 gejala awal diabetes berikut tanda-tandanya.

Rasa haus berlebihan

Saat air dalam tubuh berkurang, karena kerap buang air kecil, penderita diabates terus merasa haus dan butuh air dalam jumlah yang banyak. Ternyata sering BAK meruakan cara alamiah pada tubuh untuk mengontrol kadar gula darah yang tinggi.

Gejala Awal Diabetes

Sering BAK

Penderita diabetes akan selalu merasa kencing dengan intensitas sering. Hal ini disebabkan karena sel dalam tubuh tidak dapat menyerap glukosa dengan baik. Pengidap diabetes biasanya merasakan ‘mengurangi kadar gula dalam arah dan beser’ atau sering BAK pada malam hari. Itu merupakan sinyal dari ginjal yang sedang berusaha.

Kelaparan

Rasa lapar yang berlebihan, merupakan tanda diabetes lainnya. Ketika kadar gula darah merosot, tubuh mengira belum diberi makan dan lebih menginginkan glukosa yang dibutuhkan sel.

Iritasi genital

Kandungan glukosa yang tinggi dalam urin membuat daerah genital jadi seperti sariawan dan akibatnya menyebabkan pembengkakan dan gatal.

Kesemutan

Kesemutan dan mati rasa di tangan dan kaki, bersamaan dengan rasa sakit yang membakar atau bengkak, adalah tanda bahwa saraf sedang dirusak oleh diabetes. Masih seperti penglihatan, jika kadar gula darah dibiarkan merajalela terlalu lama, kerusakan saraf bisa menjadi permanen.

Pada diabetes, gula darah yang tinggi bertindak bagaikan racun. Diabetes sering disebut ‘Silent Killer’ jika gejalanya terabaikan dan ditemukan sudah terjadi komplikasi.

Jika Anda memiliki gejala ini, segera tes gula darah atau berkonsultasi ke petugas kesehatan. Penglihatan kabur atau atau sesekali melihat kilatan cahaya merupakan akibat langsung kadar gula darah tinggi. Membiarkan gula darah Anda tidak terkendali dalam waktu lama bisa menyebabkan kerusakan permanen, bahkan mungkin kebutaan.

Pembuluh darah di retina menjadi lemah setelah bertahun-tahun mengalami hiperglikemia dan mikro-aneurisma, yang melepaskan protein berlemak yang disebut eksudat.

Semoga kita semua terhindar dari bahaya penyakit diabetes.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini