Share

4 Tips Aman Orang Tua Terhindar dari Covid-19 saat Mudik Lebaran

Kevi Laras, Jurnalis · Sabtu 26 Maret 2022 18:04 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 26 612 2568280 4-tips-aman-orang-tua-terhindar-dari-covid-19-saat-mudik-lebaran-fGfrBEcdAH.jpg Ilustrasi mudik Lebaran. (Foto: Dok Okezone/Arif Julianto)

TAHUN ini pemerintah mempersilakan masyarakat melakukan tradisi mudik Lebaran. Namun masih di tengah kondisi pandemi covid-19, semua orang diimbau harus sangat hati-hati ketika mudik, termasuk bagi kalangan orang tua.

Terkait hal tersebut, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) memberikan sejumlah tips aman agar orang tua dan keluarga tetap terlindungi saat mudik di tengah pandemi covid-19.

Baca juga: Kenali Gejala Diabetes Tipe 1 yang Sering Muncul Pada Anak 


1. Lengkapi vaksinasi

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kemenkes dr Siti Nadia Tarmizi M.Epid mengatakan ketika orang tua memutuskan turut mudik Lebaran, maka perlu segera melengkapi vaksinasi lengkap dan bila perlu booster.

"Pertama orang tuanya perlu melengkapi dosis lengkap, bahkan juga booster," ujar dr Siti Nadia dalam webinar 'Polemik Trijaya' pada Sabtu (26/3/2022).

Baca juga: Kemenkes Ungkap Syarat Penderita Komorbid Boleh Mudik Lebaran 2022 

2. Tetap menerapkan prokes ketat

Lebih lanjut dr Siti Nadia mengatakan bahwa penerapan protokol kesehatan (prokes) secara ketat sangat perlu. Dia menegaskan paling tidak orang tua mengenakan masker dan anak-anak juga diajarkan menggunakannya.

3. Waspada di tempat wisata

Dia menambahkan, jika melakukan wisata di luar kota, tentu perlu diperhatikan tingkat kepadatannya. Sebab makin padat maka makin terbuka ruang penularan atau terinfeksi virus covid-19.

"Kalau memang terlalu padat tempat wisata sebaiknya dihindari. Apalagi kalau membawa anak-anak yang usianya di bawah 6 tahun," jelasnya.

Baca juga: Wamenkes: Obesitas Jadi Masalah Global, Ada 800 Juta Orang Menderitanya 

4. Segera vaksinasi booster

Dokter Siti Nadia mengatakan optimis untuk hidup berdampingan dengan covid-19. Namun, tingginya mobilitas masyarakat perlu adanya langkah antisipasi dan perlindungan dengan vaksinasi booster. Dia juga mendorong penggunaan aplikasi PeduliLindungi sebagai syarat masuk ke tempat wisata.

"Kita optimis ya bisa hidup berdampingan dengan covid-19. Selalu menjadi puncak yang tinggi apabila ada mobilitas yang bergerak (tinggi/masif). Bukan hanya mudik, Idul Fitri jadi arus untuk liburan juga, tempat wisata harus benar-benar menggunakan PeduliLindungi," tukasnya.

Baca juga: Kemenkes: Vaksinasi Booster Penting untuk Kurangi Kesakitan jika Tertular Covid-19 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini