Share

4 Cemilan untuk Penderita Diabetes

Asthesia Dhea Cantika, Jurnalis · Minggu 27 Maret 2022 13:33 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 27 298 2568564 4-cemilan-untuk-penderita-diabetes-3xYeLNa327.jpg Ilustrasi Camilan untuk Penderita Diabetes. (Foto: Shutterstock)

CEMILAN untuk penderita diabetes memang tidak bisa sembarangan dipilih. Pasalnya, penderita diabetes memang harus berhati-hati dalam mengonsumsi makanan, bahkan cemilan untuk dikonsumsi.

Pasalnya, penderita diabetes harus menjaga kadar gula darah dalam tubuh untuk tetap stabil. Umumnya, cemilan yang beredar dan dikonsumsi memiliki kandungan gula darah yang tinggi terutama cemilan berbahan dasar dari olahan tepung.

Untuk menghindari kadar gula darah makin tinggi ada baiknya penderita diabetes mengkonsumsi cemilan yang lebih sehat. Lantas, apa saja cemilan yang aman untuk penderita diabetes? Untuk mengetahui jawabannya, simak ulasan berikut ini.

Camilan untuk penderita diabetes

Buah segar

Meski kebanyakan buah memiliki rasa manis, penderita diabetes tetap boleh mengkonsumsinya. Asalkan tepat dalam memilih buah yang mengandung serat, vitamin, mineral dan antioksidan yang baik bagi tubuh, seperti apel, jeruk, pir, alpukat, beri-berian, dan kiwi. Dalam jumlah sesuai kebutuhan, jenis buah-buahan ini aman untuk dikonsumsi sehari-hari.

Telur rebus

Telur merupakan makanan kaya manfaat yang termasuk sumber protein yang sangat baik. Dalam 1 butir telur ukuran sedang mengandung sekitar 7 gram protein yang baik bagi tubuh. Telur juga termasuk sumber kalium yang baik untuk menunjang kesehatan otot, saraf, dan meningkatkan kesehatan jantung.

Greek yogurt kaya protein dan probiotik

Yogurt menjadi pilihan tepat untuk asupan karbohidrat, lemak baik, protein, dan probiotik yang aman bagi penderita diabetes. Hanya saja perlu dipastikan dalam memilih yogurt harus bebas lemak dan gula dengan memperhatikan selalu informasi nilai gizi di kemasannya.

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan sebagai sumber protein dan serat yang baik sangat disarankan sebagai camilan bagi penderita diabetes. Beberapa produk kacang-kacangan yang baik dikonsumsi antara lain kacang kedelai, almond, dan edamame.

Itulah empat jenis cemilan yang dapat menjadi pilihan sehat dan tepat bagi para penderita diabetes. Jika masih memiliki keraguan, kamu dapat berkonsultasi dengan dokter spesialis gizi klinis untuk mengatur pola makan dan camilan sehat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini