Share

5 Pantangan Makanan untuk Penderita Diabetes yang Wajib Diketahui

Asthesia Dhea Cantika, Jurnalis · Minggu 27 Maret 2022 14:31 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 27 298 2568567 5-pantangan-makanan-untuk-penderita-diabetes-yang-wajib-diketahui-IsYjqIw6Gr.jpg Ilustrasi Pantangan Makanan untuk Penderita Diabetes. (Foto: Shutterstock)

PANTANGAN makanan untuk penderita diabetes cukup beragam. Perlu diketahui, diabetes termasuk penyakit kronis yang ditAndai dengan kadar gula darah tinggi. Terdapat beberapa hal yang jadi penyebab gula darah melonjak dengan cepat, salah satunya makanan.

Sehingga pasien diabetes perlu membatasi konsumsi makanan yang tinggi kalori dan karbohidrat. Makanan yang memiliki indeks glikemik tinggi juga termasuk makanan pantangan untuk diabetes.

Lantas, apa saja makan yang pantang bagi penderita diabetes? Untuk mengetahui jawabannya, simak ulasan berikut ini.

Makanan manis

Makanan manis seperti kue, kukis, martabak, es krim, puding dan camilan kemasan (biskuit, wafer, dan permen) mengandung banyak gula. Gula sendiri termasuk jenis karbohidrat sederhana yang paling cepat dicerna oleh tubuh menjadi glukosa atau gula darah. Artinya, konsumsi makanan manis bisa cepat membuat gula darah pasien diabetes melonjak naik.

Makanan pantang untuk penderita diabetes

Makanan kaya lemak trans

Beberapa jenis makanan kaya lemak trans adalah keripik kentang kemasan, kentang goreng, dan gorengan. Lemak trans juga sebagian besar ditemukan pada margarin, selai, dan makanan yang diawetkan.

Kombinasi minyak goreng dan karbohidrat dari kentang itulah yang dapat meningkatkan kadar gula darah. Meski tidak benar-benar langsung menaikkan gula darah, lemak trans dapat memicu resistensi insulin dan sindrom metabolik yang merupakan penyebab diabetes.

Buah kering

Buah adalah camilan sehat bagi orang diabetes. Hanya saja tidak termasuk untuk buah kering. Buah kering bahkan menjadi salah satu buah pantangan diabetes. Biasanya buah kering diproses sedemikian rupa untuk menghilangkan sebagian besar kadar airnya, sehingga yang tersisa adalah kandungan gula alaminya. Selama proses pengeringan ini, sebagian besar kandungan gizi dan vitamin serta mineral asli buah bisa hilang.

Selain itu, produsen buah kering juga cenderung menambahkan lebih banyak gula untuk mengawetkan sekaligus menambah citarasanya. Penambahan gula ini justru membuat buah kering berpotensi meningkatkan kadar gula darah.

Minuman manis

Selain makanan, penderita diabetes juga harus mematuhi pantangan minuman tertentu. Jenis minuman yang harus dihindari umumnya segala sesuatu yang manis atau ditambahkan gula, baik buatan maupun alami.

Bahkan, minuman yang “terkesan” sehat sekalipun seperti jus dan susu kemasan mungkin harus dihindari. Pasalnya, minuman itu biasanya dibuat di pabrik dengan menambahkan banyak pemanis buatan atau gula untuk mengawetkan dan menambah citarasa.

Roti putih, nasi putih, dan tepung olahan

Olahan dari tepung seperti pasta tinggi karbohidrat, roti putih, dan olahan dari nasi putih memiliki indeks glikemik (IG) yang lebih tinggi jika dibandingkan sumber karbohidrat lainnya. Hal itu membuat konsumsi makanan itu dalam jumlah banyak mudah menaikkan gula darah pasien diabetes.

Walaupun termasuk pantangan, bukan berarti pasien diabetes sama sekali tak boleh mengonsumsi makanan di atas. Hanya saja perlu ada kesadaran untuk membatasi konsumsi dalam porsi lebih kecil.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini