Share

Maia Estianty Masuk IGD Gegara GERD, Penyakit Apa Itu?

Kevi Laras, Jurnalis · Minggu 27 Maret 2022 14:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 27 481 2568591 maia-estianty-masuk-igd-gegara-gerd-penyakit-apa-itu-JCwynuJywD.jpg Maia Estianty dilarikan ke IGD Sakit GERD (Foto : Instagram/@maiaestiantyreal)

MAIA Estianty dilarikan ke rumah sakit karena sakit GERD. Maia Estianty langsung mendapatkan perawatan di Instalasi Gawat Darurat (IGD). Lantas, apa sebenarnya sakit GERD?

GERD adalah kondisi asam lambung naik hingga kerongkongan yang memicu rasa pahit di mulut. Lantas apa penyebabnya? Ahli kesehatan menyebut bahwa rasa cemas yang timbul dapat menyebabkan stres dan memicu asam lambung seseorang meningkat.

GERD

"Jadi ketika ada permasalahan, otak memberikan pesan kepada lambung dan produksi asam lambung meningkat," ujar Dokter Spesialis Gastroenterologi, Prof. Dr. dr. Ari Fahrial Syam dilansir Celebrities, Minggu (27/3/2022)

BACA JUGA : Dilarikan ke IGD, Maia Estianty Mengaku Alami Gerd

Dia juga mengatakan bahwa sakit asam lambung termasuk maag dan GERD, membuat orang takut berolahraga. Bahkan dikala pandemi seperti ini, kegiatan dibatasi dengan pemberlakuan WFH dapat membuat obesitas.

"Ada studinya bahwa selama pandemi orang kurang bergerak karena mungkin takut olahraga, jarang gerak menyebabkan obesitas, obesitas itu salah satu faktor risiko (GERD)," katanya.

BACA JUGA : Bestie, Jangan Putus Asa! GERD dan Maag Bisa Disembuhkan

Namun, sakit GERD itu bisa sembuh tapi juga bisa kambuh kembali. Hal tersebut karena dipicu gejala yang dapat meningkatkan asam lambung, seperti kafein, alkohol,dll

Dia pun menegaskan bukan Covid-19 yang memperparah kondisi GERD seseorang. Melainkan mereka kerap mengonsumsi obat secara berlebihan tidak sesuai anjuran dokter.

"Terus terang saja, sebagian pasien saya Gerdnya kambuh karena mengonsumsi macam-macam obat. Anjurannya, orang sakit asam lambung vitamin C di bawah 500, tapi dia bisa mengonsumsi sampai 2.000 miligram," jelas dr Ari

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini