Share

Ini Cara Komunitas Sepeda Tua Indonesia Kenalkan Ontel kepada Generasi Muda

Novie Fauziah, Jurnalis · Minggu 27 Maret 2022 07:34 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 27 612 2568475 ini-cara-komunitas-sepeda-tua-indonesia-kenalkan-ontel-kepada-generasi-muda-JZAftSIAjs.jpeg Teddy Nugraha founder Komunitas Sepeda Tua Indonesia (KOSTI). (Foto: YouTube Partai Perindo)

FOUNDER Komunitas Sepeda Tua Indonesia (KOSTI) Teddy Nugraha mengungkapkan ada banyak cara memperkenalkan sepeda tua atau ontel kepada generasi muda. Misalnya terlebih dahulu merangkai kegemaran anak muda terhadap sepeda.

Dilanjutkan memperkenalkannya secara perlahan bahwa sepeda ontel ada kaitannya dengan perjalanan sejarah Indonesia. Keberadaan sepeda ontel salah satunya dimulai dengan datangnya bangsa lain ke Nusantara.

Baca juga: Tidak Sekadar Gowes, Komunitas Sepeda Tua Ikut Menjaga Sejarah Indonesia 

Podcast Aksi Nyata bersama Komunitas Sepeda Tua Indonesia. (Foto: YouTube Partai Perindo)

Baca juga: Merawat Sepeda Tua, Ini Keuntungan Besar yang Akan Didapat 

"Karena kalau hanya kita kasih imbauan, sayangi, lindungi udara segala macam, dan lain-lain, di pelajaran sekolah sudah dapat mereka. Jadi, bagaimana membuat mereka tertarik," ujarnya dalam Podcast Aksi Nyata bertajuk 'Romantisme Gowes Sepeda Tua di Era Metaverse' dalam kanal YouTube Partai Perindo, Sabtu (26/3/2022).

Kemudian cara berikutnya yaitu pihak komunitas berkolaborasi dengan beberapa pembuat sepeda. Lalu nantinya sepeda-sepeda baru itu akan diberikan untuk mereka yang memiliki hobi bersepeda, namun belum mampu memilikinya.

Mengapa sepeda baru, bukankah tujuannya adalah memperkenalkan sepeda ontel? Teddy mengatakan lewat sepeda baru bisa belajar lebih dulu. Hal ini karena menaiki sepeda ontel memiliki kesulitan sendiri dan keseimbangannya pun berbeda.

"Kalau kita lihat iklan zaman dulu, naik sepeda ontel harus dimiringkan dulu. Kalau sepeda baru itu tetap di tengah," terangnya.

Baca juga: Selain Olahraga, Ajang Lari dan Gowes Bisa Sambil Lestarikan Lingkungan 

Baca juga: Akhir Pekan, Presiden Jokowi Asyik Main Sepeda Bareng Sedah Mirah 

Teddy melanjutkan, namun hal ini bukan berarti keberadaan sepeda baru atau kekinian tidak diapresiasi.

"Untuk di Jakarta sendiri sekarang mulai banyak sepeda baru ya. Tapi itu pun kami apresiasi sekali. Kenapa? Karena dia sudah mulai peduli dengan lingkungan," tukasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini