Share

Mengenal Apa Itu MKEK yang Pecat dr Terawan dari IDI

Kevi Laras, MNC Portal · Minggu 27 Maret 2022 13:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 27 612 2568584 mengenal-apa-itu-mkek-yang-pecat-dr-terawan-dari-idi-udBnX9Xck9.jpg dr Terawan Dipecat dari IDI (Foto: Dok.Sindonews.com)

MANTAN Menteri Kesehatan RI, Prof Dr. dr Terawan Agus Putranto baru saja diberhentikan dari keanggotan Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Jumat (25/3/2022). Hal ini merupakan hasil dari sidang Majelis Kehormatan Etik Kedokteran (MKEK) IDI. Lantas, apa itu sebenarnya MKEK IDI?

Melansir dari website resminya, MKEK IDI salah satu badan otonom Ikatan Dokter Indonesia (IDI) yang dibentuk secara khusus di tingkat Pusat, Wilayah dan Cabang.

dr terawan

Lebih lanjut, dijelaskan bahwa tugas MKEK melalui divisi kemahkamahan bertugas memeriksa, menyidangkan, dan membuat putusan setiap konflik etikolegal yang berpotensi sengketa medik di antara perangkat dan jajaran IDI.

Juga menyelesaikan masalah di antara perangkat dan jajaran IDI dan setiap perselisihan antara dokter yang belum atau tidak ditangani oleh Majelis Kehormatan Disiplin Kedokteran Indonesia. Sehubungan dengan pemecatan Terawan, ada tiga poin keputusan MKEK IDI yang dibacakan dalam Muktamar ke-31 IDI di Banda Aceh, Jumat (25/3/2022).

BACA JUGA : IDI Berhentikan dr Terawan dari Keanggotaan, Ada 3 Poin Penting di Sidang MKEK

BACA JUGA : Perjalanan Kasus Dokter Terawan hingga Dipecat IDI

Pertama, meneruskan hasil keputusan rapat sidang khusus MKEK yang memutuskan pemberhentian secara permanen kepada Prof Dr dr Terawan Agus Putranto, SpRad(K) sebagai anggota IDI.

Kedua, pemberhentian tersebut dilaksanakan oleh PB IDI selambat-lambatnya 28 hari kerja. Ketiga, ketetapan ini berlaku sejak tanggal ditetapkan. Hal tersebut, dibenarkan oleh Ketua Panitia Muktamar ke-31 IDI dr Nasrul Musadir Alsa perihal pemecatan dokter Terawan tersebut.

"Keputusannya memang begitu," ujarnya dilansir Sindonews, Minggu (27/3/2022)

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini