Share

5 Cara Agar Tidur Nyenyak dan Cepat Tanpa Ribet

Komaruddin Bagja, Sindonews · Senin 28 Maret 2022 11:32 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 27 612 2568733 5-cara-agar-tidur-nyenyak-dan-cepat-tanpa-ribet-xrkKm2u48t.jpg Ilustrasi Tidur Nyenyak dan Cepat. (Foto: Freepik)

ADA cara agar tidur nyenyak dan cepat yang perlu Anda ketahui agar mendapatkan waktu istirahat yang berkualitas. Pasalnya, ketika kualitas tidur kita terpenuhi, maka tubuh akan bekerja secara maksimal dan meningkatkan kesehatan Anda.

Nah, berikut ini adaalah beberapa cara agar Anda dapat tidur nyenyak dan cepat, yuk simak jika ingin mendapat tidur yang berkualitas.

Tingkatkan Rutinitas Olahraga

Tak hanya berguna bagi kesehatan, ternyata berolahraga dapat meningkatkan kualitas tidur. Dalam penelitian pada International Review of Psychiatry menyebutkan bahwa penderita insomnia kronis yang rutin berolahraga akan mengantuk lebih cepat. Nah aktivitas fisik yang cukup banyak, membuat tubuh Anda lebih cepat meminta diistirahatkan.

Yoga untuk Relaksasi

Masih menyambung dengan cara pertama, kali ini cara agar tidur nyenyak dan cepat dengan berlatih Yoga. dalam sebuah penelitian, 59% orang dewasa yang berlatih Yoga akan meningkatkan kualitas tidur. Beberapa peneliti pun sepakat dengan melakukan Yoga secara rutin, Anda lebih cepat tidur. Mengapa bisa seperti itu? Karena dalam Yoga selain mengolah fisik, kita juga diajarkan bagaimana relaksasi pikiran.

Tidur nyenyak dan cepat

Hindari Penggunaan Perangkat Elektronik

Cara agar tidur nyenyak dan cepat yang satu ini harus diperhatikan. Karena banyak di antara kita yang masih belum bisa mempraktekan. Ya, kebanyakan orang dewasa sebelum tidur masih sibuk dengan serial di televisi. Atau sekadar melihat beranda media sosial.

Kebiasaan buruk tersebut sangat berpengaruh terhadap waktu mengantuk seseorang. Orang yang sibuk menggunakan perangkat elektronik baik HP, Tv dan lain sebagainya sebelum tidur akan berkurang kualitas tidurnya.

Mengapa hal tersebut bisa terjadi? Karena berdasarkan keterangan para ahli, Sinar biru dari layar gadget, seperti smartphone, tablet, hingga laptop dapat menekan hormon melatonin. Hormon tersebut bertugas meregulasi tidur Anda. Dengan mengurangi penggunaannya, bisa dipastikan Anda akan lebih mudah cepat tertidur.

Baca Juga: Dua Kapal Ikan Asing Pelaku IUU Fishing Berhasil Diamankan BAKAMLA dan KKP RI

Kurangi Konsumsi Kafein

Hati-hati nih bagi para pecinta kopi, teh dan minuman berkafein lainnya. Ternyata meminum minuman yang mengandung kafein dapat mempengaruhi kualitas dan juga jam tidur Anda. Sebaiknya, kurangi mengonsumsi minuman berkafein.

Atau, Anda juga bisa mengatur jadwal minumnya. Diusahakan Anda meminum sekira 5-6 jam sebelum tidur. Efek stimulan dari kafein yang mengganggu kualitas dan kuantitas tidur Anda akan memudar setelah empat jam.

Aturlah Pola Makan

Pola makan ternyata berpengaruh juga pada jam tidur serta kualitasnya. Ada penelitian terkini menyebutkan, jenis makanan-makanan berikut membuat Anda cepat mengantuk. Makanan tersebut antara lain: keju, tomat, kacang kenari, ikan, roti serta pasta. Tak ketinggalan buah-buahan, sayur mayur dan juga gandum utuh ampuh atasi insomnia.

Demikianlah 5 cara agar tidur nyenyak dan cepat. Kalau Anda biasa tidur jam berapa?

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini