Share

6 Cara Agar Tidur Tidak Mendengkur, Tak Perlu Pakai Obat Loh

Komaruddin Bagja, Sindonews · Senin 28 Maret 2022 12:33 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 27 612 2568740 6-cara-agar-tidur-tidak-mendengkur-tak-perlu-pakai-obat-loh-jHxoqjcnuK.jpg Ilustrasi Cara Agar Tidur Tidak Mendengkur. (Foto: Shutterstock)

ADA beberapa cara agar tidur tidak mendengkur yang dapat Anda praktikan dengan mudah. Bagi Anda yang memiliki masalah mendengkur atau mengorok simak baik-baik tips ini ya!

Mendengkur sendiri, merupakan suatu kondisi di mana terjadi penyempitan saluran udara di sekitar tenggorokan hingga membuat suara mengorok keluar. Mendengkur juga dapat menjadi gejala kondisi medis tertentu yang harus segera diatasi.

Jaga Kebersihan Kamar Tidur

Siapa yang menyangka ternyata kebersihan kamar tidur juga berpengaruh pada suara mengorok saat Anda tidur. Debu-debu, serangga kecil dan kotoran lainnya dapat terhirup ke alat pernapasan. Akibatnya, sejumlah alergen itu merusak saluran napas.

Setelah saluran napas terganggu, bernapas dengan hidung pun menjadi terhambat. Akibatnya Anda bernapas melalui mulut dan menghasilkan suara mendengkur. Cara agar tidur tidak mendengkur, Anda dapat menjauhi zat-zat alergen tersebut.

Bersihkanlah secara rutin kamar tidur dari penyakit dan kotoran. Gunakan obat anti alergen atau bisa juga memasang humidifier. Gantilah sprei atau sarung bantal secara rutin agar terjaga kebersihannya.

Tidur Mendengkur

Waktu Tidur yang Cukup

Apabila Anda merasa waktu tidur Anda kurang dan juga kelelahan, biasanya pada saat tidur akan muncul suara mengorok. Begitu organ tubuh Anda mengalami kelelahan, otot-otot akan rileks dan mengeluarkan suara mendengkur. Untuk menghindari kelelahan, Anda dapat memaksimalkan waktu istirahat Anda sekitar 7-9 jam.

Ubah Posisi Tidur

Posisi tidur terlentang rentan mengeluarkan suara dengkuran. Mengapa seperti itu? Karena saat Anda tidur terlentang lidah akan cenderung tertarik ke belakang atau mendekat ke saluran napas. Saat itu juga saluran napas menjadi sempit dan menghalangi aliran udara yang masuk.

Para ahli memiliki cara agar tidur tidak mendengkur, yakni dengan mengganti posisi tidur. Dari yang semula tidur telentang menjadi miring. Selain itu Anda dapat menambah bantal lebih tinggi namun tetap nyaman untuk tidur untuk mengurangi dengkuran.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

Hentikan Kebiasaan Merokok

Para perokok aktif memiliki resiko tidur mendengkur lebih tinggi. Pasalnya, merokok dapat membuat iritasi membran yang ada di hidung dan juga tenggorokan. Akibatnya, menghalangi jalan napas. Tak ada cara lain, Anda harus menghentikan kebiasaan merokok untuk hidup yang lebih sehat serta bebas dari suara dengkuran.


Turunkan Berat Badan

Orang yang mengalami kelebihan berat badan atau obesitas kerap mengalami suara mendengkur ketika tidur. Penyebabnya adalah, penumpukan lemak pada saluran napas ataupun di dasar lidah. Otot yang seharusnya menjaga alur pernapasan agar terbuka jadi terganggu dan menyempitkan saluran napas.


Mandi air hangat

Kebiasaan mandi air hangat cukup baik dirutinkan sebelum Anda tidur. Selain merelaksasi, mencega kuman menempel pada saluran napas, mandi air hangat dapat memperlebar saluran napas. Bisa juga Anda menghirup uap dari air hangat sebelum tidur untuk mencegah munculnya suara mengorok.

Semoga Anda dapat mempraktekkan cara agar tidur tidak mendengkur. Ke depannya, kualitas dan kuantitas tidur Anda lebih baik.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini