Share

4 Perbedaan Ayam Kampung dan Ayam Negeri, Jangan Salah Beli!

Wilda Fajriah, Jurnalis · Senin 28 Maret 2022 20:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 28 298 2569175 4-perbedaan-ayam-kampung-dan-ayam-negeri-jangan-salah-beli-mSZHottCN8.jpg Perbedaan Ayam Kampung dan Ayam Negeri (Foto: Freezfree)

PERBEDAAN ayam kampung dan ayam negeri, ibu-ibu sudah tahu belum nih? Ayam merupakan salah satu makanan yang banyak digemari masyarakat Indonesia.

Masing-masing memiliki seleranya sendiri. Ada sebagian orang yang lebih menyukai ayam kampung, dan yang lainnya merasa bahwa ayam negeri terasa lebih enak.

Nah, jika Anda ingin mengolah ayam namun belum bisa membedakan keduanya, berikut adalah 4 perbedaan antara ayam negeri dan kampung, sebagaimana dirangkum MNC Portal dari berbagai sumber pada Senin (28/3/2022).

Bentuk tubuh

Ada perbedaan yang kontras antara bentuk tubuh ayam kampung dan negeri. Karenanya, membedakannya melalui bentuk tubuh pun jadi lebih mudah. Ayam kampung terlihat lebih kecil dari ayam negeri.

Namun demikian, tubuh ayam kampung dikenal lebih gagah dibanding ayam negeri. Ayam kampung juga dikenal memiliki kaki yang lebih jenjang serta dada yang lebih kurus dari ayam negeri.

BACA JUGA : Lezatnya Ayam Kampung Pedas Khas Banyuwangi, Cocok Disantap Pakai Nasi Hangat

Ukuran daging

Perbedaan Ayam Kampung dan Ayam Negeri

(Perbedaan Ayam Kampung dan ayam Negeri, Foto: foodgravy)

Ayam negeri memiliki daging yang lebih besar, gemuk, dan tebal. Hal ini karena ayam negeri dipelihara memang dengan tujuan untuk menghasilkan daging ayam untuk konsumsi, sehingga pada proses pemeliharaannya akan mengkonsumsi berbagai jenis vitamin dan pakan bernutrisi.

Daging ayam kampung cenderung memiliki ukuran yang lebih kecil. Selain karena lebih aktif bergerak pada saat masih dalam kondisi hidup, proses pemeliharaan ayam jenis ini juga terlaksana dengan lebih bebas dan tidak secara spesifik bertujuan untuk produksi daging ayam.

BACA JUGA : Ayam Broiler Vs Ayam Kampung, Mana yang Lebih Baik?

Warna daging

Daging ayam kampung memiliki warna yang lebih gelap atau merah daripada daging ayam negeri. sedangkan warna daging ayam negeri biasanya lebih cerah dan pucat.

Penyebab perbedaan warna daging pada kedua jenis ayam ini karena terdapat kandungan haemoglobin yang lebih tinggi pada daging ayam kampung. Hal ini menunjukkan bahwa pada ayam kampung terdapat zat besi yang lebih tinggi daripada ayam negeri.

Tekstur daging

Perbedaan Ayam Kampung dan Ayam Negeri

(Perbedaan Ayam Kampung dan ayam Negeri, Foto: freezfree)

Daging ayam kampung memiliki tekstur yang liat dan cenderung lebih alot daripada ayam negeri. Agar daging ayam jenis ini bisa menjadi empuk dan matang dengan sempurna, maka perlu waktu yang cukup lama dalam memasaknya.

Selain itu, daging ayam kampung juga terkenal dapat menghasilkan cita rasa yang gurih dan lezat, sehingga kerap kali diolah menjadi berbagai macam jenis makanan berkuah seperti sup, soto, gulai, dan opor.

Kalau ayam negeri, dagingnya memiliki tekstur yang lebih keras, empuk, dan tebal. Daging ayam negeri juga cenderung lebih mudah matang. Dengan demikian, Anda dapat mengolah daging ayam negeri menjadi berbagai jenis makanan dengan cepat tanpa harus melalui proses ungkep terlebih dahulu sekalipun.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini