Share

Kenali Penyakit Kulit Akibat Diabetes, Jangan Sampai Berujung Amputasi

Destriana Indria Pamungkas, Jurnalis · Selasa 29 Maret 2022 11:34 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 28 481 2568776 kenali-penyakit-kulit-akibat-diabetes-jangan-sampai-berujung-amputasi-GnRX0c0g27.jpg Ilustrasi Penyakit Kulit Akibat Diabetes. (Foto: Shutterstock)

PENYAKIT kulit akibat diabetes memang harus diwaspadai, pasalnya penderita diabetes yang memiliki luka bisanya akan memerlukan waktu lebih lama untuk sembuh. Bahkan, pada kasus terburuk luka pada penderita diabetes tidak bisa disembuhkan dan terancam harus diamputasi.

Penyakit kulit dapat disebabkan oleh beberapa hal, seperti adanya infeksi jamur, bakteri, atau bahkan karena alergi. Sebenarnya, semua orang berpotensi mengalami penyakit kulit, namun penderita diabetes memiliki resiko yang lebih besar.

Hal ini lantaran kelebihan gula darah dapat memperlambat suplai darah ke kulit dan juga mengurangi kekebalan tubuh sehingga rentan terkena infeksi. Lantas, apa saja Penyakit Kulit Akibat Diabetes? Berikut penyakit-penyakit kulit yang dapat menyerang penderita diabetes menurut American Diabetes Association.

Disseminated Granuloma Annulare

Ciri dari penyakit ini adalah adanya tonjolan yang berbentuk cincin atau busur yang berada di bagian tubuh tertentu, seperti jari kaki, jari tangan, atau telinga. Biasanya warna dari benjolan ini adalah merah kecoklatan.

Penyakit kulit akibat diabetes

Sklerosis Digital

Penyakit kulit ini dapat mengakibatkan pengerasan atau penebalan kulit pada ujung jari-jari tangan dan kaki. Hal ini disebabkan karena tingginya gula dalam darah dapat memicu gangguan penyaluran nutrisi dan oksigen ke jari-jari tubuh.

Xantomatosis Eruptif

Xantomatosis Eruptif ditandai dengan adanya benjolan berwarna kuning pada permukaan kulit tangan, kaki, lengan, bahkan pantat. Penyakit ini muncul pada penderita diabetes tipe 1 yang tidak dapat mengontrol gula darah, kadar lemak, dan kolesterol darahh yang tinggi.

Necrobiosis Lipoidica Diabeticorum (NLD)

Penyakit yang satu ini memiliki kemiripan dengan Dermopati Diabetik, bedanya adalah pada penyakit kulit ini bercak yang lebih dalam dan lebar. Biasanya bercak NLD akan terasa gatal dan juga nyeri.

Alergi

Alergi juga dapat menjadi salah satu penyakit kulit bagi penderita diabetes. Reaksi alergi dapat berupa muncul ruam dan bercak merah pada kulit. Hal ini diakibatkan karena tubuh tidak bisa menerima obat-obatan atau insuin yang diberikan oleh dokter.

Lenting Diabetes

Lenting Diabetes sekilas mirip dengan luka bakar yang disebabkan oleh api atau benda panas lainnya. Biasanya, lentingan ini akan muncul pada tangan, lengan, atau kaki penderita diabetes yang mengalami kerusakan saraf karena penyakit diabetes. Penyakit ini dapat sembuh dengan cara pengontrolan gula dalam darah.

Dermopati Diabetik

Para ahli menduga jika penyakit Dermopati Diabetik disebabkan karena adanya perubahan pembuluh darah kecil di bawah kulit karena penyakit diabetes. Biasanya penyakit ini menyerang kaki dengan ciri-ciri muncul bercak bersisik berwarna coklat muda.

Akantosis Nigrikans

Akantosis Nigrikans adalah penyakit kulit yang ditandai dengan adanya kelainan pigmentasi kulit pada beberapa area kulit yang menggelap. Hal ini biasnaya terjadi kepada penderita diabetes dan pengidap obesitas.

Demikian penjelasan Okezone mengenai Penyakit Kulit Akibat Diabetes.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini