Share

Kaki Bengkak karena Diabetes? Berikut Cara Mengatasinya

Destriana Indria Pamungkas, Jurnalis · Selasa 29 Maret 2022 13:31 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 28 481 2568779 kaki-bengkak-karena-diabetes-berikut-cara-mengatasinya-e9xIdT1i0t.jpg Ilustrasi Kaki Bengkak Diabetes. (Foto: Shutterstock)

KAKI bengkak karena diabetes atau biasa disebut juga dengan edema. Hal ini terjadi karena adanya carian yang terperangkap pada bagian tubuh tertentu sehingga menyebabkan pembengkakan. Hal ini bisa terjadi di kaki atau bagian tubuh lainnya.

Jika Anda mengalami pembengkakan pada kaki karena adanya penyakit diabetes pada tubuh Anda, sebaiknya segera datang ke dokter dan konsultasikan masalah anda. Biasnaya Anda akan diberikan beberapa obat dan perawatan. Jika sudah, Anda dapat melakukan beberapa cara untuk mengatasi kaki yang bengkak.

Lantas, bagaimana cara mengatasi Kaki Bengkak Karena Diabetes? Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi kaki bengkak karena diabetes yang dilansir dari laman byramhealthcare.com.

Menggunakan Sepatu Yang Tepat

Para ahli menyarankan, untuk penderita diabetes sebaiknya menggunakan sepatu yang sedikit lebih longgar untuk berjaga-jaga apabila kembali terjadi pembengkakan pada kaki. Tidak hanya itu, sepatu yang sedikit longgar akan menghindari masalah ulkus diabetik.

Menggunakan Kaus kaki Kompresi

Penggunaan kaus kaki kompresi dapat memberikan sirkulasi udara yang bagus pada kaki, sehingga dapat mengatasi kaki yang tengah bengkak. Sebelum menggunakannya, sebaiknya Anda konsultasikan kepada dokter.

Kaki bengkak diabetes

Jangan Malas Bergerak

Malas bergerak dapat meningkatkan resiko buruk pada tubuh, seperti meningkatnya peradangan karena sirkulasi berkurang. Baiknya, lakukan beberapa gerakan sederhana agar tubuh dapat mengalirkan sirkulasi darah dengan baik.

Menjaga Posisi Kaki

Menjaga posisi kaki dapat membantu meredakan retensi cairan yang ada pada bagian bawah tubuh. Cara yang dapat Anda lakukan adalah dengan mengangkat atau meninggikan kaki sejajar dengan dada.

Lakukan Diet

Cobalah untuk melakukan diet agar berat badan Anda berkurang. Pasalnya, jika badan terlalu berat makan akan lebih banyak tekanan yang ditopang oleh bagian bawah tubuh.

Minum Air Putih

Meminum air putih sesuai kebutuhan tubuh akan menghindarkan Anda dari dehidrasi dan juga meredakan pembengkakan pada bagian tubuh.

Mengurangi Garam

Untuk menghindari cairan dalam tubuh yang tertahan karena garam, sebaiknya Anda mengurangi atau membatasi untuk mengkonsumsi makanan yang tinggi garam.

Mengkonsumsi Suplemen Magnesium

Suplemen magnesium dapat membantu mengatasi pembengkakan yang diakibatkan karena penyakit diabetes. Magnesium sendiri merupakan salah satu nutrisi yang berfungsi penting dalam tubuh manusia. Untuk dapat mengkonsumsi suplemen ini, sebaiknya Anda melakukan konsultasi terlebih dahulu kepada dokter.

Merendam Kaki Dengan Garam Epsom

Merendam kaki dengan larutan garam epsom dapat meredakan nyeri yang disebabkan karena pembengkakan pada tubuh. Selain itu, garam ini juga dipercaya dapat mengurangi peradangan di dalam tubuh.

Lakukan Olahraga Secara Teratur

Melakukan olahraga secara teratur dapat membantu menjaga kesehatan tubuh dan tulang. Selain itu, dengan rutin berolahraga tubuh kita akan mudah melakukan sirkulasi darah dan menstabilkan gula dalam darah.

Demikian penjelasan Okezone mengenai cara mengatasi Kaki Bengkak Karena Diabetes.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini