Share

Kenali Ciri-Ciri Penyakit Diabetes Sudah Parah

Asthesia Dhea Cantika, Jurnalis · Selasa 29 Maret 2022 15:34 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 28 481 2569032 kenali-ciri-ciri-penyakit-diabetes-sudah-parah-6FKJQp4uRd.jpg Ciri-Ciri Penyakit Diabetes Parah. (Foto: Shutterstock)

CIRI penyakit diabetes yang sudah parah memang jarang diketahui. Penyakit diabetes tergolong penyakit yang mematikan, dan sudah seharusnya diwaspadai.

Umumnya, penyakit diabetes memiliki gejala awal yang dapat ditangani lebih cepat. Hanya saja, ada beberapa penderita yang memiliki komplikasi terkait penyakit lainnya dan mempengaruhi gula darah sehingga penyakit diabetes yang diderita menjadi parah.

Lantas, ciri apa saja yang dialami penderita diabetes yang sudah parah? Untuk lebih jelasnya, simak ulasan berikut ini.

Luka lambat sembuh

Diabetes dapat merusak pembuluh darah dan saraf. Hal ini juga akan mempengaruhi proses penyembuhan luka di tubuh. Oleh sebab itu, salah satu gejala diabetes yang paling umum dan parah adalah luka diabetes yang sulit sembuh.

Ciri Diabetes sudah parah

Kulit mudah gatal

Kurangnya cairan di tubuh juga membuat mulut dan kulit terasa kering. Kulit yang kering, membuat mudah terasa gatal. Selain kulit gatal, ciri gula darah tinggi lainnya yang menyerang kulit, yaitu bercak gelap yang terbentuk di lipatan leher, ketiak, atau selangkangan (acanthosis nigricans).

Infeksi jamur yang sering terjadi

Salah satu gejala diabetes yang khas pada wanita adalah munculnya infeksi jamur pada vagina. Tetapi tidak dapat dipungkiri juga bisa terjadi pria.Infeksi ini dapat menyebabkan penderitanya merasa gatal, perih, dan sakit saat berhubungan seksual. Umumnya, infeksi jamur terjadi pada vagina dan bisa menyebabkan keputihan pada wanita dan penis bengkak pada pria yang juga menderita diabetes.

Mati rasa dan kesemutan pada tangan dan kaki

Kaki dan tangan sering kesemutan juga menjadi ciri kencing manis yang perlu diwaspadai. Kesemutan atau dalam bahasa medis disebut parestesia, dalam kasus diabetes terjadi lantaran adanya kerusakan saraf tepi yang disebabkan kadar gula darah terlalu tinggi. Kondisi ini disebut neuropati diabetik.

Penglihatan berkurang

Tingginya kadar gula darah akibat diabetes turut mempengaruhi kadar cairan di tubuh. Seluruh bagian tubuh, membutuhkan cairan, tak terkecuali lensa mata. Saat tubuh dan lensa mata kekurangan cairan, lensa mata membengkak dan berubah bentuk. Akibatnya, penglihatan jadi terganggu karena tidak dapat fokus.

Impotensi atau disfungsi ereksi (DE)

Selain dapat merusak saraf. Diabetes juga dapat mempengaruhi masalah seksual atau impotensi. Kondisi ini juga dapat menyebabkan hilangnya gairah seksual, baik pada pria maupun wanita.

Demikian 6 ciri parah pada penyakit diabetes. Bila kamu merasakan ciri-ciri di atas hendaknya segera periksa kepada dokter untuk mendapat penanganan yang tepat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini