Share

Bukannya Mulus, 5 Kesalahan saat Merawat Kulit Ini Bikin Jerawat Makin Parah!

Wilda Fajriah, Jurnalis · Selasa 29 Maret 2022 06:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 28 611 2569127 bukannya-mulus-5-kesalahan-saat-merawat-kulit-ini-bikin-jerawat-makin-parah-A57JUQC2k2.jpg Salah merawat kulit bikin jerawat makin parah (Foto: Timesofindia)

JERAWAT ibarat tamu tak diundang yang menyebalkan. Jerawat disebabkan karena peradangan kelenjar sebaceous dan dapat menyebabkan jerawat merah pada kulit yang terkadang juga berisi nanah.

Dari dokter kulit hingga pengklaim pengobatan rumahan, ada berbagai solusi untuk jerawat yang tersedia di luar sana. Namun, merawat jerawat memiliki banyak segi dan ada beberapa kesalahan yang harus dihindari untuk merawat kondisi kulit ini secara efektif.

Melansir laman Times Now News pada Selasa (29/3/2022), berikut adalah 5 kesalahan yang umum dilakukan saat merawat kulit berjerawat yang justru dapat memperburuk kondisinya.

Memencet jerawat

Jerawat

Seringkali seseorang tergoda untuk memencet jerawat. Kebiasaan ini dapat menempatkan kulit pada risiko kerusakan, menyebabkan peradangan, dan memperburuk jerawat. Selanjutnya, jerawat yang dipencet dapat meninggalkan bekas pada kulit dan menjadi sumber bekas luka dan bintik-bintik kulit yang membandel.

BACA JUGA : Singkirkan Flek Hitam dan Jerawat, Andalkan Skincare dengan Kandungan Ini

Melewatkan tabir surya

Tabir surya sangat penting, baik itu musim panas atau musim dingin. Namun, orang-orang dengan jerawat sering menghindari tabir surya karena mereka merasa bahwa melapisi wajah dengan tabir surya dapat memperburuk jerawat mereka.

Namun, bertentangan dengan kepercayaan, tidak mengoleskan tabir surya dapat membuat kulit Anda berisiko mengalami kerusakan akibat sinar matahari dan bahkan kanker.

BACA JUGA : 10 Cara Alami Hilangkan Jerawat

Pengelupasan yang agresif

Pengelupasan adalah cara yang bagus untuk menghilangkan kotoran dari kulit. Namun, produk dan teknik pengelupasan kulit yang dipilih seseorang dapat sangat memengaruhi jerawat mereka. Pengelupasan secara agresif dengan eksfoliator abrasif dapat menyebabkan kerusakan serius pada kulit dan memperburuk jerawat.

Kurang perawatan kulit yang konsisten

Kulit yang sehat tidak dapat dicapai dalam semalam. Saat menderita jerawat, dibutuhkan waktu berhari-hari untuk menyembuhkan area yang meradang pada kulit. Oleh karena itu, dianjurkan untuk memiliki rutinitas perawatan kulit yang konsisten dan sesuai untuk memfasilitasi pengobatan jerawat yang efektif.

Mengabaikan seprai, layar ponsel

Barang sehari-hari yang bersentuhan dengan kulit Anda dapat memengaruhinya secara signifikan. Layar ponsel, seprai, sarung bantal, dll. dapat menjadi kotor seiring waktu karena akumulasi kotoran di permukaannya.

Jika mereka bersentuhan dengan kulit, risiko jerawat bisa meningkat dan bahkan memburuk. Oleh karena itu, adalah tanggung jawab Anda untuk memastikan bahwa mereka bersih dan layak untuk kontak kulit Anda.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini