Share

Minum Sport Drink, Baiknya Sebelum atau Sesudah Olahraga?

Martin Bagya Kertiyasa, Jurnalis · Senin 28 Maret 2022 10:33 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 28 612 2568863 minum-sport-drink-baiknya-sebelum-atau-sesudah-olahraga-DvCqSTWsaL.jpg Sport drink. (Foto: Shutterstock)

SALAH satu cara untuk menjaga daya tahan tubuh yaitu dengan berolahraga. Di sela berolahraga, seberapa pentingnya minum sport drink?

Untuk diketahui, olahraga teratur dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Bahkan saat pandemi seperti ini dengan aturan untuk tetap di rumah, Centers for Disease Control and PreventionĀ (CDC) danĀ World Health OrganizationĀ (WHO), masih mendorong semua orang untuk olahraga teratur. selain meningkatkan kesehatan mental, tinjauan ilmiah 2019 diĀ Journal of Sport and Health Science, menemukan bahwa olahraga dapat meningkatkan respons imun, menurunkan risiko penyakit, dan mengurangi peradangan.

Hanya saja, setelah berolahraga (terutama olahraga dengan intensitas tinggi) biasanya rasa nyeri akan timbul dan rasa tidak nyaman (muscle soreness) juga muncul karena adanya kerusakan jaringan otot.

Apalagi bagiĀ  para penggiat olahraga (sport enthusiasts) dan para atlet muscle soreness ini dapat berlangsung beberapa lama. Jika tidak ditangani dengan tepat, rasa nyeri ini dapat mengganggu performa latihan.

Ā olahraga

Ā BACA JUGA:Sebelum Olahraga, Konsumsi 5 Makanan Ini untuk Menambah Energi

Ada banyak kandungan di dalam sport drink yang baik dikonsumsi. Salah satu yang dianjurkan yakni yang mengandung asam amino.

Dikutip dari Ajinomoto, selain air dan lemak, tubuh manusia juga terdiri dari protein. Protein terbentuk dari 20 (dua puluh) jenis asam amino, yang terdiri dari asam amino essensial dan asam amino non esensial.

Jumlah asam amino essensial di dalam tubuh ada 9. Seluruh asam amino essensial tersebut tidak bisa diproduksi tubuh secara alami. Itu artinya, tubuh hanya bisa mendapatkan asam amino esensial ini dari asupan sumber makanan.

Padahal bagian tubuh seperti mata, telinga, rambut, darah, hormon bahkan sistem imun tubuh terdiri dari esensi protein ini yaitu asam amino.

Berbeda dengan protein, asam amino merupakan komponen terkecil penyusun protein dan dapat langsung diserap di dalam tubuh dalam 30 menit.

Sementara itu, dikutip aminoVITAL, bila Anda ingin mengonsumsi sport drink, baiknya 30 menit sebelum olahraga atau di tengah latihan. Mengonsumsi sport drink bisa menyegarkan tubuh dengan baik. Bila dikonsumsi dalam keadaan dingin akan lebih segar dan nikmat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini