Share

Usai Dipecat IDI, Petisi Save Dokter Terawan Menggema

Muhammad Sukardi, Okezone · Senin 28 Maret 2022 11:56 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 28 612 2568954 usai-dipecat-idi-petisi-save-dokter-terawan-menggema-mmApi0Kr9h.jpg Save Dokter Terawan menggema (Foto: ist)

IKATAN Dokter Indonesia (IDI) resmi memecat mantan Menteri Kesehatan (Menkes) Dokter Terawan Agus Putranto dari keanggotaan. Keputusan tersebut berdasarkan rapat sidang khusus Majelis Kehormatan Etik Kedokteran (MKEK) IDI.

Kabar pemecatan Dokter Terawan ini pun viral di media sosial. Ada pihak yang mendukung keputusan tersebut karena alasan rentetan 'dosa' Dokter Terawan di mata IDI, sementara sebagian lainnya menyayangkan keputusan pemecatan itu.

 Dokter Terawan

Bahkan, pihak yang tak setuju dengan keputusan IDI untuk memecat keanggotaan Dokter Terawan membuat petisi di Change.org. Petisi tersebut berharap agar Dokter Terawan tidak dipecat dari keanggotaan IDI.

Berdasar pantauan MNC Portal, judul petisi tersebut ialah 'Save dr Terawan dari Sanksi Pemecatan'. Petisi dibuat oleh Mirna Lestari. Hingga kini, sudah ada 24.636 orang yang menandatangani petisi yang ditargetkan rampung di 25 ribu penandatangan.

Di keterangan petisi, Mirna mengatakan bahwa apa yang dikerjakan Dokter Terawan di dunia kesehatan Indonesia amatlah berharga dan sudah menyelamatkan banyak nyawa.

"Metode briliannya (terapi cuci otak) sudah menyelamatkan hidup banyak orang, termasuk saya," tulis Mirna yang mengaku sebagai salah seorang pasien dr Terawan yang berhasil disembuhkan.

Ya, metode cuci otak dr Terawan adalah terapi kesehatan paling kontroversial. Cuci Otak dr Terawan diklaim bisa mengatasi penyumbatan dalam pembuluh darah. Mirna menegaskan bahwa terapi tersebut sudah teruji secara ilmiah dan tidak melanggar Kode Etik.

Jika dilihat dari keterangan petisi, terkumpulnya 20 ribuan netizen yang menandatangani petisi tersebut hanya dalam waktu 2 jam. Bukan waktu yang lama sampai akhirnya petisi itu mendapat dukungan netizen.

Ini juga menandakan bahwa dukungan terhadap dr Terawan menggema di masyarakat. Bahkan, di Twitter tagar #savedrterawan sempat menjadi trending topik. Banyak netizen menyayangkan IDI mengeluarkan keputusan untuk memecat dr Terawan dari keanggotaan IDI.

Salah satu netizen dengan tagar #savedrterawan mengutarakan bahwa di Indonesia itu orang pintar dipecat.

"Di #Indonesia, orang pintar dipecat, yang boleh hanya yang jago pencitraan #savedrterawan," tulis @tonyvialy.

 BACA JUGA:Wakil Ketua DPR Bilang Pemberhentian Terawan dari IDI Berbahaya

"Apa sesungguhnya kesalahan dr Terawan sehingga harus dipecat permanen dari IDI? Pemerintah dan DPR harus segera melakukan pengusutan tuntas. Publik jadi resah dan heboh nih," komen @ManagaraT.

Baca Juga: Aksi Nyata 50 Tahun Hidupkan Inspirasi, Indomie Fasilitasi Perbaikan Sekolah untuk Negeri

Follow Berita Okezone di Google News

(DRM)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini