Share

7 Tips Merawat Peralatan Masak

Tim Okezone, Jurnalis · Selasa 29 Maret 2022 21:29 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 29 298 2569692 7-tips-merawat-peralatan-masak-JtUYiZfDzc.jpg Peralatan masak. (Foto: Shutterstock)

MEMBELI peralatan masak yang mahal tentu harus membutuhkan perawatan ekstra agar lebih awet. Bagaimana ya caranya?

Banyak sekali jenis peralatan memasak yang ada di dapur Bunda. Dari mulai wajan, panci, spatula, pisau, talenan, dan sebagainya. 

Jika sering dipakai masak, maka kualitas bisa berkurang. Begitupun peralatan masak itu termakan usia, terlebih kalau disimpan lama-lama.

Perwakilan PT Royal Sutan Agung Muhamad Rizki mengatakan, agar peralatan masak yang anda miliki tetap awet, pastikan merawat peralatan memasak tersebut dengan baik dan benar. 

"Harus diperhatikan, saat membeli peralatan memasak, sebaiknya pilih bahan peralatan memasak yang bagus dan  berkualitas serta terpercaya,” katanya dalam keterangan resmi.

Sementara itu, dikutip dari laman Instagram @geagetra.id, ada 7 tips merawat peralatan masak agar awet dan tahanan lama sebagai berikut. 

Baca aturan pakai dan perawatan 

Ingat, selalu baca aturan perawatan pada masing-masing kardus alat masak yang anda beli, karena tidak semua produk memiliki kesamaan penggunaan dan perawatan. 

Segera pindahkan usai dipakai

Jangan tinggalkan di atas kompor setelah selesai digunakan. Sebaiknya segera memindahkannya dari kompor setelah selesai digunakan untuk memasak. Hal ini bertujuan agar hawa panas dari kompor tidak merusak lapisan bawah alat masak tersebut.

Cuci alat masak saat dingin 

Sesaat setelah selesai digunakan memasak, biarkan suhu pada alat memasak menjadi normal sebelum dicuci atau dibersihkan. 

Cuci dengan silikon food grade

 

Sebaiknya Anda bisa menggunakan alat cuci silikon food grade saat mencuci peralatan memasak. Fungsinya untuk menjaga kualitas peralatan memasak serta keawetan peralatan memasak, khususnya yang memiliki lapisan anti lengket.  

Jangan gosok peralatan masak dengan spons keras 

Sebaiknya tidak mencuci peralatan memasak dengan menggunakan spons keras, hal ini nantinya dapat merusak permukaan alat masak tersebut. Pakai spons lembut untuk mencuci peralatan memasak. Jika partikel makanan masih lengket, bersihkan dengan air mendidih. 

Simpan di tempat yang bersih dan kering

Simpan alat masak seperti wajan dan panci, dengan tidak menumpuknya dan dicampur dengan peralatan memasak lainnya. Wajan dan panci, terutama yang berbahan antilengket, sebaiknya digantung. 

Penutup kaca bisa disimpan terpisah

Apabila peralatan memasak mempunyai penutup kaca sebaiknya pisahkan dengan alat masak lainnya agar tidak pecah atau tergores. Simpan penutup kaca dalam tempat tersendiri, khusus untuk tutup panci, wajan, dan tutup wadah lainnya. Dan jangan simpan ditempat yang lembap dan pengap, sebaiknya simpan di tempat yang kering dan bersih.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini