Share

5 Tips Jalani Puasa Ramadan untuk Mualaf, Dijamin Kuat Sampai Adzan Magrib!

Intan Afika Nuur Aziizah, Jurnalis · Rabu 30 Maret 2022 06:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 29 481 2569739 5-tips-jalani-puasa-ramadan-untuk-mualaf-dijamin-kuat-sampai-adzan-magrib-ve5LGwheew.jpeg Tips puasa untuk mualaf (Foto: Gulfnews)

BULAN Ramadan momen paling dinantikan umat Muslim di dunia, termasuk bagi para mualaf atau orang yang baru memeluk Islam. Bagi para mualaf, menjalani puasa Ramadan pertama kali bisa menjadi sebuah tantangan tersendiri.

Mereka harus belajar untuk menahan lapar dan juga hawa nafsu, mulai dari terbitnya fajar hingga terbenamnya matahari selama sebulan penuh. Nah, berikut telah MNC Portal Indonesia rangkum dari berbagai sumber, lima tips puasa Ramadhan bagi mualaf, Selasa (30/3/2022).

1. Persiapkan mental

Mempersiapkan mental adalah kunci utama bagi mereka yang baru menjalani puasa. Anda harus mempersiapkan pikiran dan tubuh Anda sebelum memulai puasa. Pertimbangkan juga rutinitas harian dan beban kerja Anda, lalu susun rencana yang sesuai dengan jadwal kerja, tidur, dan istirahat Anda. Dengan begitu, puasa pun akan terasa lebih ringan dan mudah setiap harinya.

BACA JUGA : Jangan Konsumsi 5 Makanan Ini saat Sahur, Bikin Cepat Lapar dan Haus!

2. Tetap terhidrasi

Puasa Ramadan

Berusahalah untuk minum setidaknya 8 gelas cairan setiap hari sebelum fajar dan setelah matahari terbenam, bahkan jika Anda tidak merasa terlalu haus. Pilih cairan yang tidak mengandung kafein, karena minuman berkafein dapat menyebabkan dehidrasi. Ingat, berbuka puasa dengan air bukan hanya sebuah tradisi, tetapi juga memastikan tubuh Anda terhidrasi secara baik selama berpuasa. Tapi, jangan juga minum berlebihan, seperti minum air terlalu banyak sekaligus dalam satu waktu. Ini dapat mengencerkan elektrolit tubuh Anda, menyebabkan kondisi yang berpotensi fatal yang disebut keracunan air.

BACA JUGA : 5 Tips Melatih Anak Puasa Ramadan Menurut Psikolog

3. Pilih makanan bernutrisi

Ramadhan bisa menjadi momen untuk mendetoksifikasi pikiran, jiwa dan tubuh. Jadi, ini saat yang tepat untuk menjauhi makanan tidak sehat sambil mencoba makan sebersih mungkin. Selama berpuasa, tubuh Anda membutuhkan nutrisi yang baik untuk mengimbangi stres puasa. Oleh karena itu, siapkanlah menu sahur dan berbuka menggunakan sayuran, buah-buahan, protein tanpa lemak, lemak sehat (lemak dari tumbuhan, seperti minyak zaitun dan kacang-kacangan) untuk menjaga energi Anda selama puasa Ramadhan. Di samping itu, batasi juga asupan garam, terutama saat sahur, karena dapat meningkatkan rasa haus selama berpuasa.

4. Jangan makan berlebihan

Tubuh membutuhkan waktu sekitar 20 menit untuk mencerna makanan. Jadi, jangan makan berlebihan saat berbuka puasa. Makan berlebihan, khususnya makanan tinggi lemak dapat menyebabkan gangguan pencernaan dan penambahan berat badan. Makanlah secara perlahan dan nikmati setiap suapan makanan Anda. Ini akan mengurangi stres pada tubuh dan memberi lebih banyak energi daripada makan dalam jumlah besar sekaligus.

5. Menyibukkan diri

Puasa Ramadan

Salah satu cara terbaik untuk berpuasa dengan mudah adalah dengan menyibukkan diri, baik dalam pekerjaan, belajar, ataupun memperbanyak ibadah. Ini bisa membuat waktu terasa berlalu dengan cepat. Jangan lupa, Anda tidak hanya berpuasa dari makanan dan minuman, tetapi juga berpuasa dan menahan diri dari kebiasaan buruk.

Oleh karenanya, hindari perbuatan maksiat, haram, dan keinginan nafs (ego/jiwa) lainnya. Anda bisa menyibukkan diri dengan memperdalam ilmu agama dan mempelajari terkait apa saja yang membatalkan puasa, apa yang tidak, dan bagaimana untuk menebusnya. Selamat berpuasa! 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini