Share

5 Manfaat Jus Daun Pepaya, Salah Satunya Bisa Sembuhkan Penyakit Demam Berdarah

Hasyim Ashari, Jurnalis · Selasa 29 Maret 2022 12:08 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 29 612 2569611 5-manfaat-jus-daun-pepaya-salah-satunya-bisa-sembuhkan-penyakit-demam-berdarah-wDJJzGz38z.jpg Manfaat jus daun pepaya (Foto: The hans india)

TAK hanya buahnya yang manis, daun pepaya yang rasanya pahit pun dapat diolah dan dikonsumsi sebagai makanan yang lezat dan bergizi tinggi. Selain sebagai makanan, daun pepaya juga bisa dikonsumsi dengan cara diblender atau dijus.

Meskipun memiliki rasa ketir dan pahit, namun jangan salah ternyata daun pepaya berkhasiat untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Termasuk salah satunya ialah dapat membantu menyembuhkan demam berdarah lho.

Mau tau manfaat lainnya dari jus daun pepaya? Berikut 5 manfaat jus daun pepaya seperti dilansir dari Stylecraze.

 jus daun pepaya

1. Bisa sembuhkan demam berdarah

Virus dengue menyebabkan demam berdarah yang mengancam jiwa, menggunakan nyamuk sebagai medianya.

Gejalanya membutuhkan waktu untuk muncul tetapi hampir tetap seperti demam tinggi, ruam, dan sakit kepala parah (triad dengue), bersama dengan nyeri sendi dan otot, menggigil, dan sakit mata.

Pada akhirnya, semua ini menyebabkan berkurangnya jumlah trombosit dalam tubuh. Minum 25 ml jus daun pepaya sebanyak dua kali sehari dapat meningkatkan jumlah trombosit dan mengurangi keparahan infeksi.

Pasalnya, dalam daun pepaya memiliki senyawa bioaktif penting seperti papain, chymopapain, dan caricain, yang mengobati mual dan meningkatkan pencernaan.

2. Mengobati malaria

Sebuah studi pada tahun 2011 menunjukkan bahwa ekstrak daun pepaya dapat secara efektif mengobati malaria.

Hal tersebut lantaran daun pepaya memiliki sifat plasmodiastatik, yaitu memperlambat laju pertumbuhan Plasmodium dalam tubuh Anda, secara tidak langsung mengendalikan demam malaria.

Selain itu, Jus daun pepaya juga dapat meningkatkan kadar antioksidan, sehingga mencegah anemia akibat malaria pada pasien.

3. Mengatasi masalah pencernaan

Makan daun pepaya yang masih muda atau lembut atau meminum jusnya dapat mengatasi masalah pencernaan seperti kembung, mulas karena refluks asam lambung, sembelit, dan buang air besar yang menyakitkan.

Pasalnya, daun pepaya memiliki antioksidan berlimpah dan senyawa aktif seperti papain, chymopapain, dan serat esensial, yang membantu pencernaan protein dan pelepasan enzim pencernaan dan meningkatkan nafsu makan.

4. Membuat kulit lebih sehat dan bercahaya

Karena daun pepaya memiliki antioksidan tingkat tinggi, seperti saponin, flavonoid, tanin, dan alkaloid, Anda dapat menggunakan ekstraknya untuk menutrisi wajah dan kulit.

Antioksidan ini, bersama dengan vitamin C dan A, mengais radikal bebas dalam darah Anda, meningkatkan sirkulasinya melalui kulit Anda.

Ketika ini terjadi, kulit mempertahankan tekstur dan kilaunya. Tanda-tanda penuaan, seperti kerutan, berjerawat, dan pigmentasi , semakin berkurang.

Jus daun pepaya, bila dioleskan bersama dengan ampas buahnya, akan membuka pori-pori kulit yang tersumbat dan menghilangkan jerawat, jerawat, dan minyak berlebih yang dihasilkan di wajah Anda.

 BACA JUGA:3 Jus Lezat dan Segar yang Bikin Kulit Makin Glowing, Apa saja?

5. Melawan ketombe dan mengontrol masalah rambut

Menerapkan ekstrak daun pepaya ke kulit kepala Anda dapat menghilangkan kelebihan minyak, kotoran, dan kotoran di akarnya. Ini adalah obat yang sangat baik untuk menyembuhkan ketombe dan masalah kulit kepala gatal.

Ekstrak daun menyeimbangkan kelembaban dan minyak di kulit kepala Anda, membuatnya kurang rentan terhadap kekeringan dan infeksi jamur yang dapat menyebabkan kebotakan dini.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini