Share

Resep Smoothies Santan, Baik untuk Melawan Stroke dan Jantung

Tim Okezone, Jurnalis · Rabu 30 Maret 2022 10:30 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 30 298 2570128 resep-smoothies-santan-baik-untuk-melawan-stroke-dan-jantung-Aq5RskqQ4R.jpg Smoothies. (Foto: Shutterstock)

PERNAHKAH Anda menjajal smoothies santan? Wah, seperti apa rasanya?

Santan tak selamanya buruk, apalagi kalau diolah menjadi minuman smoothies buah. Santan pun disebut-sebut ada yang mengandung omega 3.

Untuk diketahui, Omega 3 dipercaya dapat melawan penyakit jantung, mengurangi resiko stroke, dan peradangan sendi. Selain itu, Omega 3 juga baik untuk kesehatan otak, mata dan kulit.

Kulit akan terlihat glowing, karena Omega 3 bermanfaat meningkatkan ketahanan kulit dari sengatan matahari serta mengurangi kemerahan akibat paparan sinar UV. Termasuk mengurangi peradangan yang menyebabkan munculnya jerawat, dikutip Healthline.

Kebaikan santan yang lainnya yakni mencegah intoleransi laktosa atau gampangnya ini sebutan bagi mereka yang alergi susu sapi atau bahan hewani lainnya. Santan pun direkomendasikan ahli gizi karena tak mengandung bahan dari hewani.

Sementara itu, mengonsumsi segelas smoothies buah segar bisa membantu Anda untuk menurunkan berat badan, Bahkan jika sebelum berolahraga Anda minum smoothies dapat memberikan energi yang baik pada tubuh Anda.

 BACA JUGA:Resep Smoothies Pisang Enak, Bisa Pakai Strawberry atau Wortel

Smoothies juga mengandung banyak protein dan menghidrasi tubuh Anda. Anda dapat berkreasi dengan memberikan tambahan madu, susu, yoghurt, chia seed, santan dan bahan-bahan lainnya.

Ya, apa jadinya jika santan dikreasikan menjadi smoothies? Seperti yang pernah dicicipi Food Vlogger Sibungbung sampai varian smoothies santan ini viral di TikTok, tembus 102 juta tayangan.

Menurut dia smoothies santan ini sangat unik. Dia membagikan resep smoothies santan dengan buah naga merah.

"Hari ini aku mau bikin menu yang sehat dan enak buat keluarga. Siapkan buah naga, lalu potong. Diamkan santannya di kulkas, jika sudah dingin siap dipakai," terangnya di video TikTok.

Lanjut Sibungbung membuat foam dari santan dan sirup hijau. Foam santan ini gunanya seperti whipped cream untuk topping-nya.

 smoothues

"Caranya tuang santan ke wadah, lalu dikocok dengan sirup kalau suka manis sampai mengembang," tambahnya.

Setelah itu buat smoothies buah naganya. "Masukkan buah naga ke blender, es batu, madu dan 1 bungkus santan. Blender sampai halus. Lalu tuang di gelas smoothies-nya dan hias hingga terlihat cantik," lanjut Sibungbung. 

Sementara itu, Perwakilan PT Sasa Inti Albert Dinata mengatakan, ada minuman smoothies sehat lainnya yang dikreasikan dari santan. Yakni minuman perpaduan buah stroberi, nanas dan santan dengan total hanya 249 kalori. Juga perpaduan buah mangga, jeruk dan santan dengan total hanya 206 kalori.

"Smoothies dengan perpaduan unik ini tidak hanya segar, tapi juga baik untuk kesehatan. Juga cocok untuk buka puasa nanti," ujarnya dalam keterangan Summer Minibar.

Smoothies, menurut Albert, adalah minuman menyehatkan dan membuat orang jadi mau mengonsumsi buah-buahan. Di masa pandemi ini, penting sekali masyarakat masih harus menjaga kebugaran dan imunitas tubuh dengan mengonsumsi makanan sehat, termasuk buah-buah dan sayuran.

"Jadilah smoothies ini salah satu cara mengonsumsi buah-buahan dengan cara yang lezat dan menyenangkan loh," tutupnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini