Share

Macam-Macam Alergi Kulit Berdasarkan Penyebabnya

Destriana Indria Pamungkas, Jurnalis · Jum'at 01 April 2022 15:33 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 31 611 2570966 macam-macam-alergi-kulit-berdasarkan-penyebabnya-Ro694il9F7.jpg Ilustrasi Alergi Kulit. (Foto: Freepik)

ADA macam-macam alergi kulit bisanya terjadi pada setiap orang. Tidak pandang bulu, baik tua maupun muda dapat mengalami yang namanya alergi pada kulit. Tentunya, alergi terjadi karena ada penyebabnya. Penyebabnya pun beragam, tergantung kondisi penderita alergi.

Jika Anda terkena alergi, berarti kekebalan tubuh Anda sensitif terhadap zat, senyawa, atau kondisi cuaca dan suhu tertentu. Zat dan senyawa bisa berasal dari makanan, obat-obatan, atau benda-benda di sekitar termasuk bulu binatang.

Kondisi cuaca maupun suhu biasanya seperti suhu terlalu dingin, panas, atau lembab juga dapat menimbullkan alergi pada kulit manusia. Nah, berikut ini adalah Macam-macam alergi kulit berdasarkan penyebabnya.

Angioedema

Menurut laman National Health Service (NHS), Angioedema adalah sebuah kondisi dimana kulit akan mengalami pembengkakan pada bagian bawah kulit. Biasanya pembengkakan terjadi pada bagian tangan, kaki, sekitar mata, bibir dan lidah, atau pada area kelamin.

Angioedema terjadi karena adanya reaksi alergi terhadap obat-obatan, makanan, atau masalah genetik. Namun dalam beberapa kasus, jenis alergi kulit yang satu ini tidak diketahui penyebabnya.

Alergi Kulit

Urtikaria

Urtikaria atau lebih sering disebut sebagai biduran ini adalah kondisi dimana kulit tubuh mengalami peradangan dan pembengkakan pada permukaannya. Biasanya kulit akan terasa gatal dan benjolan atau pembengkakan ini muncul di beberapa area tubuh.

Menurut laman Medical News Today, penyebab dari Urtikaria ada berbagai macam. Seperti alergi terhadap obat-obatan, makanan, latex, temperatur udara yang ekstrim, atau infeksi terhadap bakteri atau virus.

Dermatitis Dishidortik

Dermatitis dishidrotik atau pompholyx ini muncul pada bagian tangan dan kaki. Dengan gejala bintik-bintik berisi cairan dengan rasa gatal dan kering. Penyebabnya belum diketahui secara pasti, namun gejala ini biasanya dialami oleh orang yang memiliki riwayat alergi kulit. Pemicunya bisa berasal dari benda-benda di sekitar, seperti detergen, kondisi yang lembab, dan lain-lain.

Dermatitis Kontak Alergi

Dermatitis Kontak Alergi merupakan salah satu alergi kulit yang umum terjadi pada setiap orang. Alergi ini dapat terjadi jika kulit melakukan kontak langsung dengan bahan yang memicu alergi.

Contohnya, jika kulit tubuh Anda alergi terhadap formaldehida atau formalin yang dalam bidang industri biasanya digunakan untuk memproduksi polimer, lalu suatu ketika Anda menyentuh bahan tersebut, Anda dapat mengalami gejala alergi Dermatitis Kontak Alergi seperti gatal, kemerahan, dan bengkak.

Dermatitis Atopik

Alergi kulit yang satu ini biasanya sering terjadi pada anak-anak. Dermatitis Atopik juga biasa disebut sebagai eksim. Gejalanya adalah kulit yang kering dengan warna kemerahan dan disertai rasa gatal. Penyebab dari eksim sendiri bisa berasal dari faktor genetik ataupun karena alergi lain.

Demikian penjelasan dari Okezone mengenai Macam-Macam Alergi Kulit Berdasarkan Penyebabnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini