Share

Pelaku Poliamor: Kenapa Saya Harus Membatasi Cinta Saya?

Dyah Ratna Meta Novia, Jurnalis · Kamis 31 Maret 2022 15:08 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 31 612 2570982 pelaku-poliamor-kenapa-saya-harus-membatasi-cinta-saya-NzBHxCtMeI.jpg Pelaku poliamor punya banyak kekasih (Foto: Medium)

SAMPAI saat ini masyarakat menganggap hubungan cinta poliamor, yakni hubungan cinta seseorang dengan banyak orang masih tabu. Namun sejatinya pelaku poliamor sudah banyak.

Seperti dilansir dari BBC, Noni adalah seorang poliamor. Dia memiliki dua kekasih. Dia mencintai keduanya dengan setara.

Dia mengatakan kepada BBC Scotland Documentary Love Unlimited, "Sebenarnya tidak ada yang salah dengan memiliki satu pasangan saja. Namun saya hanya tidak mengerti mengapa saya harus membatasi jumlah cinta yang saya berikan ke dunia," ujar Noni.

"Ya, saya serakah, saya suka banyak orang menyukai saya," kata Noni.

Noni dan dua kekasihnya

Hubungan Terbuka

Poliamor adalah jenis cinta yang memiliki lebih dari satu hubungan romantis sekaligus. Yang membedakannya dengan poliandri dan poligami adalah poliamori tidak mensyaratkan pernikahan sebagai ikatan. Ini juga berlaku bagi laki-laki maupun perempuan.

Poliamor hanya mengedepankan sifat saling keterbukaan antara yang satu dengan yang lainnya.

Noni menjalin hubungan cinta dengan Morgan, seorang pekerja kantor berusia 27 tahun; dan Oliver, seorang lulusan sekolah drama berusia 24 tahun.

Dia bertemu Morgan melalui aplikasi Tinder ketika dia tinggal di Dundee beberapa tahun yang lalu.

Pada saat itu, Morgan sudah menjalin hubungan dengan Hannie selama sekitar empat tahun dan hingga kini mereka masih bersama.

"Hannie memperkenalkan kepadaku ide soal poliamor," ujar Morgan.

"Ketika saya menyebutkan hal ini kepada beberapa orang, mereka cukup terkejut karena mereka menganggap bahwa ide poliamor, jelas-jelas berasal dari sang pria karena dengan itu banyak hubungan seks, bukan?"

Menurut Morgan, Hannie, yang pada saat itu tidak berkencan dengan siapa pun, berbahagia untuknya lantaran menjalin hubungan dengan Noni.

Sebelum berpacaran dengan Morgan, Noni sudah menjalin hubungan cinta dengan Oliver selama 18 bulan. Mereka bertemu di Edinburgh Fringe beberapa tahun lalu dan hidup bersama setelah tampil dalam sebuah pertunjukan bersama di tahun 2016 

Oliver mengatakan, sejak awal mereka bertemu memang Noni menegaskan bahwa dia adalah poliamor di awal hubungan mereka. Oleh karena itu dia tak keberatan saat Noni punya kekasih baru yakni Morgan.

Noni menjelaskan, poliamor sebenarnya bukan hal yang baru, hanya saja masih tabu, meski itu bisa berubah.

"Orang-orang sudah mempraktikkan poliamor sejak sekian lama keberadaan umat manusia," kata dia.

"Tapi Skotlandia adalah negara monogami," pungkasnya.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini