Share

Kapan Waktu Terbaik untuk Makan Buah? Ini Jawabannya

Rina Anggraeni, Jurnalis · Sabtu 02 April 2022 11:32 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 01 298 2571779 kapan-waktu-terbaik-untuk-makan-buah-ini-jawabannya-u4C76Zy5f4.jpg Ilustrasi Waktu Terbaik Makan Buah. (Foto: Shutterstock)

ADAKAH waktu terbaik untuk makan buah? Buah menjadi nutrisi terbaik bagi tubuh Anda karena nutrisi yang diciptakan buah adalah nutrisi yang alami. Bukan hanya itu saja, bahkan buah memiliki kekayaan mineral vitamin, flavonoid dan antioksidan yang baik bagi tubuh.

Ahli gizi di seluruh dunia pun mendukung mengonsumsi buah sepanjang hari. Tapi, ada beberapa ahli gizi dan studi juga menetapkan waktu terbaik untuk memiliki buah demi mendapatkaan manfaat yang maksimal.

Dalam buku Healing Food by DK publishing house, buah-buahan untuk sarapan adalah pilihan terbaik untuk memulai hari. Di situ juga disebutkan bahwa buah adalah sumber anti-oksidan yang membantu membersihkan tubuh dari radikal bebas yang merusak sel dan menekan peradangan .

Makan buah juga dipandang sebagai kebiasaan yang baik untuk mendapatkan gizi. Jika buah-buahan dikonsumsi di saat perut kosong, maka semua nutrisi, serat dan gula pada tubuh akan diolah lebih baik.

Makan Buah

Ahli gizi terkenal Dr Roopali menyebutkan, buah adalah cemilan terbaik di antara makanan rendah kalori, dan kaya mineral seperti natirum dan pottasium. "Ini membantu Anda melawan rasa lapar yang lebih," tutur dia.

Namun, para ahli juga memastikan untuk menjeda makan makanan berat dan buah dengan waktu 30 menit, Jadi jika Anda sudah makan berat tunggu 30 menit dahulu baru memakan buah. Makan buah yang tepat setelah makan juga tidak disarankan oleh beberapa ahli, karena tidak dapat dicerna dengan baik.

Buah pun lebih baik dikonsumsi sebelum berolahraga, karena jika Anda memakan sebelum olahraga, mampu mengisi energi dan juga mengisi kembali energi yang kosong setelah latihan.

"Jika Anda sedang berolahraga,sebaiknya makanlah pisang atau mangga, sebelum dan sesudah latiha. Ia berhasil menambah sejumlah energi bagi tubuh anda dan juga berfungsi sebagai elektrolit," jelasnya.

Meski demikian, ahli gizi selebriti Pooja Makhija bersikeras bahwa tidak ada waktu untuk nutrisi yang baik. Seseorang dapat memakan buah dengan perut kosong, sebelum atau sesudah makan, bahkan sebelum memulai hari anda dengan segudang kegiatan.

Menetapkan kapan waktu terbaik untuk makan buah membuat sistem pencernaan selalu siap untuk menyerap nutrisi dari buah-buahan, setiap kali kita memutuskan untuk memakannya.

Bagi orang yang ingin menurunkan berat badan, Makhija mengatakan Anda lebih baik mengonsumsi buah sebelum makan berat, karena serat dan air akan mengisi yang dihasilkan dari buah akan membuat Anda lebih mudah kenyang.

Ahli Nutrisi Selebriti Pooja Makhija menambahkan, waktu yang tidak disarankan untuk memakan buah adalah sebelum tidur, karena dapat menggangu tidur anda. "Makan buah tepat sebelum tidur dapat meningkatkan energi Anda karena kandungan gulanya, mencegah tubuh anda untuk tidur," tuturnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini