Share

Gula Aren Vs Gula Pasir, Manakah yang Lebih Sehat?

Rina Anggraeni, Jurnalis · Sabtu 02 April 2022 15:34 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 01 298 2571843 gula-aren-vs-gula-pasir-manakah-yang-lebih-sehat-nOrEbyGi7m.png Ilustrasi Gula Aren. (Foto: Freepik)

MEMBANDINGKAN gula aren vs gula pasir, manakah yang lebih sehat? Memang, belakangan gula aren banyak dipakai untuk menggantikan gula pasir sebagai pemanis baik untuk minuman atau untuk memasak.

Moch. Aldis Ruslialdi, SKM, CNWC, Nutrition & Wellness Consultant Nutrifood, menerangkan pertanyaan itu harus berdasar pada kandungan kalori dalam membedakan gula aren vs gula pasir.

Jumlah kalori per satu sendok teh gula merah maupun gula putih ternyata sama-sama tinggi. Untuk gula merah, jumlah kalorinya ialah 10 kkal, sedangkan gula putih 16 kkal.

Gula Pasir

"Secara kalori, dua jenis gula ini tetap saja memberi dampak pada masalah metabolik sindrom, karena kandungan gulanya sama-sama tinggi, di atas 10 kkal," terangnya.

Dia melanjutkan, dengan kata lain, baik itu gula putih dan gula merah, sama-sama menyimpan risiko berbahaya untuk kesehatan tubuh. Solusi yang bisa dilakukan adalah mengurangi asupan gula atau mengganti dengan gula rendah kalori.

"Ingat, balik lagi ke referensi, lebih prefer yang mana, gula putih atau merah? Tapi, kalau Anda memang mau menjalani hidup sehat, Anda pilih opsi kurangi gula atau ganti dengan gula rendah kalori," tambahnya.

Gula putih dan gula aren berasal dari tanaman yang sama, artinya tidak banyak perbedaan di antara keduanya, gula aren lebih tinggi kalium, magnesium, seng, zat besi, fosfor, nitrogen, dan natrium. Gula pasir juga termasuk sumber makanan yang hanya tinggi kalori saja tapi gizinya minim. Berbeda dengan gula aren yang kaya akan mineral yang diperlukan tubuh.

Lalu gula aren Vs Gula Pasir, manakah yang lebih sehat? Kalau dibedah, gula aren ini juga jauh mengungguli gula putih dalam hal nilai glikemik. Nilai glikemik gula aren lebih rendah daripada gula pasir putih biasa.

Gula putih memiliki nilai indeks glikemik di angka 100, sedangkan gula aren hanya 35. Tingginya nilai glikemik berpengaruh terhadap kenaikan darah seseorang.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini