Share

5 Makanan yang Memperburuk Kualitas Sperma, Kurang-kurangin Guys!

Pradita Ananda, Okezone · Jum'at 01 April 2022 21:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 01 298 2571847 5-makanan-yang-memperburuk-kualitas-sperma-kurang-kurangin-guys-aRm6TLCvx4.jpg Makanan yang memperburuk kualitas sperma (Foto: Timesofindia)

MAKANAN yang memperburuk kualitas sperma penting diketahui pria. Apalagi jika Anda sedang melakukan program untuk memiliki keturunan. 

Sebagian pria mungkin tak menyadari jika kualitas sperma juga bisa dipengaruhi oleh makanan yang dikonsumsi. Faktanya memang ada beberapa jenis makanan yang disebut bisa menurunkan kualitas dari sperma itu sendiri, yang pada akhirnya berdampak pada kesuburan.

Apa saja makanan yang ternyata bisa menurunkan atau mengurangi kualitas sperma pria? Menghimpun berbagai sumber, Jumat (1/4/2022) yuk simak paparan singkat lima jenis makanan yang bisa mengurangi kualitas sperma di bawah ini.

Alkohol

Makanan yang Memperburuk Kualitas Sperma

(Makanan yang Memperburuk Kualitas Sperma, Foto: Timesofindia)

Mengonsumsi alkohol, bahkan dalam jumlah sedang sekalipun disebutkan bisa secara signifikan memengaruhi gairah seks. Di sisi lain, minum alkohol dalam jumlah besar dan dilakukan secara terus menerus berdampak negatif pada kadar testosteron dan menurunkan jumlah sperma.

Daging olahan

Daging olahan seperti bacon, ham, salami, dendeng, hamburger, dan bahkan hotdog bukan cuma tak baik bagi kesehatan jantung. Tapi juga menyebabkan penurunan jumlah sperma dan tingkat motilitas sperma yang lebih rendah. Sebuah studi penelitian dari Harvard menunjukkan bahwa pria yang makan kurang dari 1,5 porsi daging olahan seminggu memiliki peluang 28 persen lebih baik untuk membuahi (hamil) dibandingkan dengan pria yang makan hampir 3 porsi lebih banyak dalam seminggu. Studi juga menunjukkan bahwa daging merah berhubungan dengan konsentrasi sperma yang rendah dan jumlah sperma total. Nah daripada terlalu banyak daging merah, lebih baik pilih daging putih seperti unggas atau ikan.

BACA JUGA ; 35 Persen Gangguan Kesuburan Disebabkan Faktor Sperma

BACA JUGA : Guys, Kenali Kondisi Kesehatan Anda Berdasarkan Warna Sperma

Susu full-fat dan olahannya

Susu, krim, keju dan aneka olahan produk susu lainnya memang enak nan gurih. Tapi tahukah Anda, Susu penuh lemak diketahui mengandung estrogen, karena berasal dari hewan. Steroid yang diberikan kepada sapi untuk meningkatkan produksi susu juga bisa menjadi penyebab rendahnya kualitas sperma.

Baca Juga: Saatnya Anak Muda Bangkit Bersama untuk Indonesia Bersama Astra

Produk kacang kedelai

Makanan yang Memperburuk Kualitas Sperma

Dalam sebuah studi memperlihatkan pria yang mengonsumsi banyak kacang kedelai ternyata punya jumlah sperma terendah. Makanan berbasis kedelai termasuk susu kedelai, burger vegetarian, protein bar, serta tahu dan tempe. Kedelai kaya akan isoflavon, yang disebutkan telah terbukti memiliki toksisitas reproduksi atau kesuburan.

Makanan yang digoreng

Mengutip Ovulifemd yang sudah ditinjau secara medis oleh Dr. Will Haas, MD, MBA, asam lemak trans lemak yang terbentuk melalui proses industri dimana atom hidrogen ditambahkan ke minyak nabati untuk membuat produk makanan semi-padat, seperti yang ada pada makanan yang digoreng juga berdampak negatif untuk kadar testosteron dan jumlah sperma. Dalam studi penelitian, asupan lemak trans yang tinggi berhubungan dengan jumlah sperma total 37 persen lebih rendah yang dikaitkan dengan penurunan fungsi testis.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini