Share

7 Makanan Penyebab Bisul yang Harus Dihindari

Rina Anggraeni, Jurnalis · Sabtu 02 April 2022 14:32 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 01 481 2571836 7-makanan-penyebab-bisul-yang-harus-dihindari-wrDcV4VZtN.jpg Ilustrasi Penyebab Bisul. (Foto: Freepik)

ADA 7 makanan penyebab bisul yang harus dihindari jika tidak ingin tersiksa dengan benjolan tersebut. Memang, bisul merupakan musuh bagi sebagian besar orang karena bisul juga bisa menimbulkan ketidaknyamanan hingga mengganggu aktivitas.

Jika bisul tumbuh di area yang tertutup, mungkin tidak menimbulkan masalah. Namun jika tumbuh di area terbuka, tentu hal ini akan sangat mengganggu penampilan. Terlebih bagi mereka yang dikenal banyak orang seperti publik figur. Selain itu bisul juga dapat diderita oleh wanita maupun pria.

Bisul juga akan timbul pada bagian yang tak terduga, seperti wajah, leher, ketiak, bahu, bokong, dan paha. Hal ini terjadi karena bagian-bagian tersebut sering mengalami gesekan dan keringat yang menumpuk. Tentunya hal ini sangat mengganggu dari semua aktivitas, biasanya saat bisul sudah matang tubuh akan terasa seperti meriang.

7 makanan penyebab bisul yang harus dihindari biar tidak makin parah :

Penyebab Bisul

Minuman beralkohol

Jika Anda rentan terhadap bisul atau memilikinya sekarang, yang terbaik adalah membatasi alkohol atau menghindarinya sama sekali. Penelitian telah menunjukkan bahwa minuman keras mengiritasi dan bahkan dapat merusak saluran pencernaan Anda. Itu bisa membuat bisul menjadi lebih buruk.

Cokelat

Cokelat memiliki banyak potensi manfaat kesehatan. Namun seringkali menimbulkan rasa tidak nyaman bagi sebagian orang yang mengalami bisul akan parah. Jika makan cokelat membuat Anda merasa lebih buruk dan susah menghilangkan bisul, tunggu untuk memanjakan diri sampai bisul hilang dan bisa menikmat cokelat tanpa khawatir.

Susu

Olahan susu memiliki nutrisi yang baik. Namun, susu yang kurang terjaga kebersihannya bisa memicu timbulnya bisul. Untuk mengatasi masalah bisul yang disebabkan susu, agar mengonsumsi sayur dan buah.

Telur

Ada sebagian orang yang tidak bisa mengonsumsi telur, karena alergi dan mengonsumsi telur bisa menyebabkan bisul. Berhati-hatilah saat mengonsumsi telur dan jangan terlalu banyak makan telur.

Makanan Berlemak

Makanan yang berlemak junk food, fast food atau gorengan, bisa memicu produksi minyak berlebih di kulit. Makanan berlemak ini bisa meningkatkan hormon seperti insulin, yang menyebabkan folikel kulit mudah terserang bakteri penyebab bisulan.

Kopi

Kopi membuat bisul terasa lebih buruk. Tetapi Anda mungkin tidak harus berhenti minum kopi selama gejala Anda tidak memburuk.

Makanan pedas

Makanan pedas salah 7 makanan penyebab bisul yang harus dihindari. Beberapa orang menemukan bahwa itu membuat gejala mereka lebih buruk. Hindari jika itu menyebabkan bisul terasa sakit.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini